Mohon tunggu...
Awaluddin Rao
Awaluddin Rao Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan

Berislam Bergembira

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Peradaban Digital Telah Tiba, Kamu Dimana?

24 Agustus 2021   10:19 Diperbarui: 24 Agustus 2021   10:31 80 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peradaban Digital Telah Tiba, Kamu Dimana?
Foto: Tugu Insurance - tugu.com

Suka atau tidak, kita harus menerima bahwa berbagai aktivitas mesti kita kerjakan dengan berbagai keterbatasan. Pandemi yang tidak pasti akan berakhir, membuat kita masih sering stay stay di rumah masing masing, mengerjakan bermacam kegaiatan dari rumah atau istilah WFH atau apapun itu namanya.

Saat banyak orang dipaksa untuk di rumah saja, ternyata itu "tidak terlalu buruk", faktanya banyak aktivitas yang dijalankan dangan daring tampak lancar lancar saja. Entah kabar gembira atau tidak bagi kita, saat pandemi memaksa kita melakukan berbagai hal dari rumah, di saat itu pula kemajuan teknologi melesat.

Beberapa waktu yang lalu, bersama kawan kawan, saya mengadakan tahlilan dan do'a bersama dari rumah masing masing. Dan itu bisa dilakukan tanpa hambatan apapun, soal berkat atau makanan, bisa di catering dan di hantar ke rumah masing masing lewat berbagai platform.

Tak hanya itu, jika anda seorang pembaca yang rajin, anda pasti akan sadar bahwa harga e-book lebih murah dan mudah dibawa bawa kemana mana. Di beberapa kota, saat menggunakan alat transpotrasi, kita sudah tak lagi berhadapan dengan seorang manusia yang akan memverivikasi tiket kita, tapi cukup scan atau "melapor" kepada mesin. HEHE

Untuk yang lebih ekstrim misalnya, Anda bisa membaca berita atau artikel yang mudah di akses soal betapa robot telah dan akan mengambil banyak posisi yang dulu diperankan oleh manusia.

Mulai dari sopir, pelayan restoran, kasir, hingga berbagai pekerjaan di industri akan di ambil oleh robot atau katakanlah mesin. Pada Oktober 2020, McKinsey Indonesia juga merilis proyeksi serupa khusus kondisi di Indonesia. Laporan McKinsey memprediksi sebanyak 23 juta pekerjaan akan tergantikan dengan otomatisasi. Meskipun, lembaga riset itu juga menyatakan akan muncul 27 juta hingga 36 juta lapangan pekerjaan baru (CNN Indonesia)

Bukan menakuti kita semua, faktanya entah kemajuan atau namanya, teknologi memang melaju pesat. 

Eitssss, Tunggu dulu!

Nah, kendati demikian, masih banyak lho pekerjaan yang tak akan tergantikan oleh robot, atau dalam bahasa nya kerennya mungkin pekerjaan ini akan di butuhkan di masa depan dan akan langka.

Semisal Pendidik yang masih di butuhkan menanamkan karakter, Kemampuan manusia berimajinasi masih membuat pekerjaan seperti desainer, arsitek masih di butuhkan, apalagi semisal ahli kesehatan, petani, peternak, dst.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan