Mohon tunggu...
Awaluddin Rao
Awaluddin Rao Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan

Berislam Bergembira

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Cendikiawan Muslim di Atas Angin Itu Bernama Cak Nur

23 Agustus 2021   12:54 Diperbarui: 23 Agustus 2021   13:14 100 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cendikiawan Muslim di Atas Angin Itu Bernama Cak Nur
Nurcholish Madjid - Koleksi Pribadi

Indonesia sebagai negara dengan mayoritas Islam terbesar di dunia, tidak dapat di pungkiri bawah peranan cendikiawan muslim sangat besar. Masing masing zaman selalu memiliki tokoh dan setiap tokoh selalu memiliki zamannya.

Cendikiawan atau dalam bahasa AlQur'an Ulama' merupakan pewaris daripada Nabi. Dalam arti kata Ulama atau Cendikiawan mesti menjadi petunjuk di tengah masyarakat, guna menjelaskan ajaran ajaran Tuhan.

Dari masa ke masa, Indonesia selalu memiliki figur yang tetap hangat untuk diperbincangkan. Mereka biasanya memiliki pengikut yang banyak lagi militan, setia menjaga pemikiran pemikiran yang di ikuti itu.

Di Indonesia biasanya seorang Cendikiawan itu di ikuti karena ada kesamaan yang fundamental. Seorang Nahdliyiin biasanya mengidolakan Kyai NU. Begitu pula Warga Muhammadiyah yang mengidolakan tokoh tokohnya, dan biasanya pula seorang Tokoh memiliki ormas tempat bernaung dan tempat lahirnya tokoh tokoh itu.

Anda bisa melihat Gus Dur, yang kalau dalam bahasa guyon hak kepememilikannya adalah kepunyaan warga NU. Begitu pula dengan tokoh tokoh Muhammadiyah, Perti, Masyumi dulu, dst.

Namun inilah yang menarik dari diri seorang Cak Nur, pemikiran pemikirannya tak membatasi orang dari organisasi apa. Gagasan gagasannya soal pentingnya sikap terbuka, membuat ide ide nya di rawat oleh berbagai kalangan yang berbeda latar belakang organisasi keagamaan.

Jika anda sering mengikuti kajian kajian yang di adakan Nurcholish Madjis Sociaty, maka anda akan menemukan pembicara pembicara dahsyat dengan latar belakang ormas islam yang berbeda. Sesekali anda akan menyaksikan cendikiawan dari NU, kadang dari Muhammadiyah, kadang juga tak punya embel embel apapun, hehe. 

Sudah banyak sekali tulisan yang mengulas sosok Cak Nur. Mulai dari biografi hingga pemikirannya. Itulah Cak Nur, sosok cendikiawan di atas angin. Ia di atas angin, tak di atas salah satu ormas manapun. Tapi di atas angin, dirawat dan dijaga oleh berbagai ormas.

Tabik,
Awaluddin Rao.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan