Mohon tunggu...
Awalludien Ashfihanny
Awalludien Ashfihanny Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Jangan lupa menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tips-tips Belajar Efektif di Masa Pandemi

25 Juli 2021   00:13 Diperbarui: 25 Juli 2021   01:06 69 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips-tips Belajar Efektif di Masa Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada saat ini, seluruh Dunia termasuk Indonesia sedang dihadapan dengan virus yang mematikan sampai dikatakan sebagai pandemi, yaitu pandemic Covid-19. 

Dampak yang dirasakan dengan adanya pandemi ini tentu menyerang ke berbagai aspek yang ada baik ekonomi, sosial, politik, budaya, dan pendidikan. 

Pemerintah Indonesia pun, pada akhirnya mengeluarkan kebijakan yang cukup menjadi sebuah perdebatan di seluruh masyarakat Indonesia, salah satu kebijakan nya itu adalah dengan di rumahkannya segala bentuk proses pembelajaran, yang tadinya tatap muka menjadi sistem daring. Hal tersebut menjadi sebuah problematika bagi seluruh pelajar dari berbagai jenjang Pendidikan, termasuk juga Mahasiswa. 

Maka dari itu disini penulis memberikan beberapa tips belajar efektif di masa pandemi untuk para pelajar dan mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar selama pandemi ini.

1. Berkomunikasi dengan anggota keluarga terkait pembelajaran daring

Hal ini, agar anggota keluarga yang lain tahu, kalau kamu sedang melakukan pembelajaran daring sehingga mengantisipasi gangguan yang gak perlu, dan supaya kamu dapat lebih fokus dan berkonsentrasi lebih baik.

2. Berikan sebuah reward untuk dirimu sendiri

Perlu untuk kita mengapresiasi dan menghargai diri sendiri dengan memberikan sebuah reward sekecil apapun itu, karena berhasil bertahan dan berjuang dengan keras sampai detik ini. Karena dengan begitu kita merasa lebih dihargai dan menambah semangat untuk terus belajar dengan giat di masa pandemi ini.

3. Belajarlah secara step by step

Maksudnya disini, coba kalian lakukan gaya belajar dengan cara mengatur waktu dalam 1 hari ini dengan dibagi-bagi. Contohnya, dalam 1 hari ini misalkan ada tugas atau ingin belajar untuk memahami materi, coba untuk kalian dalam melaksanakannya membagi waktu, seperti pada waktu pagi diberikan waktu 1 jam, lalu siang hari 1 jam dan pada sore hari 1 jam. Hal ini dapat memberikan sebuah hasil yang cukup efektif dalam melakukan belajar, dari pada tidak melakukan sama sekali.

4. Belajarlah secara berkelompok

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN