Mohon tunggu...
awal linda
awal linda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pamulang

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Peran UMKM dalam Mendorong Eksistensi Produk Lokal di Indonesia

6 Mei 2023   21:37 Diperbarui: 6 Mei 2023   21:39 327
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: http://www.suduthukum.com/2015/02/jual-beli-yang-diperbolehkan-dan-jual.html

UMKM sendiri merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang mempunyai pengertian usaha kecil/mikro yang dijalankan oleh perorangan ataupun badan usaha. Yang termasuk kedalam UMKM antara lain usaha kuliner, fashion, dan agribisnis. Untuk membantu UMKM dan mendukung dengan adanya berbagai produk yang dihasilkan, pemerintah ikut andil dalam upaya pembangunan pertumbuhan UMKM melalui berbagai kegiatan seperti Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), Digitalisasi pemasaran UMKM, Pelatihan prakerja, serta adanya bantuan insentif terhadapa pelaku usaha.

Kehidupan di jaman sekarang sudah memasuki era digitalisasi pasca pandemi hampir seluruh kegiatan bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan gadget dari rumah. Kegitan seperti menjual dan membeli barang pun bisa dilakukan dengan melalui internet atau sering di sebut dengan e-commerce, hal ini menawarkan berbagai kemudahan di dalamnya seperti penjual dan pembeli tidak harus bertemu untuk melakukan transaksi, penjual yang lebih mudah dalam menawarkan produk yang dilakoninya, dan juga banyak pilihan produk yang bisa di lihat oleh calon pembeli tanpa harus datang ke toko. Di era digitalisasi banyak pula penjual produk-produk lokal yang mulai bermunculan dengan menjual produk nya melalui e-commerce karena selain untuk mengenalkan produk lokal mereka, ini dilakukan untuk ikut andil dalam daya saing jual beli di pasar online yang tidak hanya melakukan penjualan dengan offline saja.

Produk lokal yang sering di jumpai yaitu di dunia fashion terutama pakaian, karena banyak sekali pelaku usaha terutama UMKM memilih berwirausaha dengan menjual pakaian mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa, persaingan antara penjual satu dengan lainnya pun tidak dapat di hindarkan ditambah lagi dengan adanya digitalisasi sebagai wadah dalam menawarkan berbagai produk tersebut yang sehingga UMKM harus selalu melakukan inovasi di dalam pembuatan produk tersebut. Dalam dunia usaha ini para pelaku UMKM tidak hanya harus bersaing secara nasional tetapi juga dengan brand/merk yang lebih dikenal terlebih dahulu secara internasional.

Contoh UMKM yang berhasil dikenal secara internasional terutama di London, Inggris yaitu Schmiley Mo, yaitu produk yang menghasilkan pakaian dan sepatu. Awalnya pemilik usaha ini memproduksi sepatu dan dijual dan di tawarkan melalui e-commerce namun karena banyaknya pesaing produk ini pun kurang laris di pasaran. Hingga pada akhirnya Diana pemilik usaha ini mengembangkan ide nya dengan membuat brand pakaian yang terkesan fun dan segar. Desain unik yang memiliki pola emoticon, buah-buahan, dan hal unik lainnya ini tidak memerlukan waktu lama untuk dikenal oleh banyak kalangan hingga pernah di pamerkan di Torino Fashion Week, Italia.

Dari contoh produk UMKM yang berhasil dikenal bukan hanya secara nasional tetapi juga secara internasional ini pun menjadi bukti bahwa peran UMKM sangatlah penting dalam eksistensi produk lokal dengan banyaknya pesaing, hal yang bisa dilakukan dalam peranannya ialah dengan selalu konsisten dengan usaha yang di geluti, selalu melakukan pengembangan ide dengan menuangkan segala ide dalam bentuk karya karena setiap individu sejatinya memiliki keunikan dan ciri khas nya masing-masing, terakhir selalu manfaatkan media digital dalam menawarkan dan mengenalkan produk yang dihasilkan.

Penting pula untuk selalu memperhatikan kebutuhan masyarakat umum pada setiap zaman alias selalu mengikuti trend yang ada, dengan begitu usaha dalam mengenalkan produk lokal dengan inovasi terbaru tidaklah terlalu sulit untuk menembus pasar.

Daftar Pustaka

Ekon.go.id. UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Diakses pada tanggal 06 Mei 2023. Dari:

https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Kelaskita.com. Ini Deretan UMKM Lokal Terkenal yang Mendunia dan Jadi Meroket. Diakses pada tanggal 06 Mei 2023. Dari:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun