Mohon tunggu...
Awaliatu Zulfa umniyyah
Awaliatu Zulfa umniyyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya merupakan mahasiswi aktif semester 4 universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Suka dan Duka Guru Lekar TPA

14 Juli 2022   05:19 Diperbarui: 14 Juli 2022   05:22 57 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apa itu Guru Lekar ? Guru Lekar Merupakan Tenaga Pendidikan yang Berperan di Lingkungan Masyarakat Kota atau Perdesaan. Seorang Guru Lekar ini merupakan tenaga pendidik yang memiliki peran yang begitu penting terhadap anak- anak untuk memperkenalkan tentang agama terhadap anak-anak yang sudah memasuki dunia sekolah bahkan belum sekolah sekalipun.

Disebuah pesisir Kota Depok terdapat sebuah TPA yang terkenal dengan sebutan TPA Al-Amanah yang di dirikan oleh seorang ibu rumah tangga yang mengisi waktu kosongnya dengan memberikan pelajaran ilmu agama kepada anak-anak dilingkungan rumahnya. TPA Al-Amanah ini beralamat di cilodong Kota Depok.

Guru yang akrab di panggil dengan sebutan " umi" ini oleh muridnya dahulunya merupakan seorang guru TK namun setelah memiliki Tiga Orang anak umi ini sudah tidak mengajar di TK tersebut lagi. Namun waktu itu umi mendapatkan tawaran dari seorang tetangganya untuk mengajari anaknya belajar mengaji. 

Akhirnya umi pun menerima tawaran tersebut dengan tujuan ingin membantu si anak untu belajar mengenal agama dan belajar mengaji Al-Quran. Seiring berjalanya waktu tahun demi tahun umi mengajari anak tersebut yang bermula hanya satu orang makin kesini makin banyak murid yang diajarkan mengaji oleh umi tersebut.

Setiap harinya umi mengajarkan anak-anak membaca, menulis, mengenal huruf hijaiyah, belajar fiqih, belajar tajwid dan masih banyak lagi hal yang diajakanya. Namun tidak sedikit orang yang memandang sebelah mata terhadap guru Lekar karna Rata-Rata Guru Lekar itu belum terdaftar di lembaga pendidikan. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang yang merendahkan Guru Lekar. Akan tetapi tidak sedikit juga orang yang paham dan menghargai dan menghormati Guru Lekar.

Hal yang menyebabkan banyak TPA yang belum terdaftar di lembaga pendidikan yaitu proses untuk mendapatkan surat izinya itu cukup sulit, dan mayoritas pemimpin TPA nya adalah seorang ibu rumah tangga yang menginginkan segala suatu hal yang simpel saja. Maka dari itu harapanya pemerintah dapat memberikan peluang kepada TPA yang belum terdaftar dengan secara mudah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan