Mohon tunggu...
Azzahara Zuhra
Azzahara Zuhra Mohon Tunggu... Pecinta Coklat

Seorang freelancer, blogger, writer, jomblower yang aktif menulis di situs ilmupengetahuan.id

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Daftar Makanan Super Sehat

11 Juni 2019   09:27 Diperbarui: 13 Februari 2020   08:39 31 1 0 Mohon Tunggu...
Daftar Makanan Super Sehat
almond-5cff184e0d823069b232cbe6.jpg

Makanan Super Sehat - Untuk hidup sehat, bukan berarti kita harus mengkonsumsi makanan yang membosankan setiap harinya. Sebab, ada banyak bahan makanan yang enak dan lezat namun tetap sarat akan gizi dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan berikut dibawah ini adalah 15 daftar makanan super sehat yang wajib untuk kita coba.

Daftar Makanan Super Sehat Yang Wajib Dicoba


1 - 6 Buah Buahan

Buah adalah makanan sehat paling populer di dunia. Selain rasanya yang lezat dan memiliki ciri khas, buah buahan juga sangat mudah dikonsumsi, karena tidak memerlukan persiapan yang banyak untuk bisa dinikmati.

1. STROBERI

Stroberi sangat bergizi, dan rendah karbohidrat serta kalori. Makanan yang kaya akan vitamin C, serat dan mangan ini bisa dibilang adalah buah andalan untuk menjaga pola hidup sehat.


2. JERUK

Jeruk adalah makanan yang sangat terkenal akan kandungan vitamin C yang dimilikinya. Bahkan tidak hanya itu, buah atau makanan ini juga kaya akan serat serta kandungan anti oksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas.


3. BLUEBERRY

Blueberry tidak hanya lezat, tetapi juga merupakan sumber makanan yang mengandung antioksidan paling kuat di dunia.


4. PISANG

Pisang adalah salah satu makanan yang menjadi sumber kalium terbaik di dunia. Bahkan tidak hanya itu, pisang juga mengandung tinggi vitamin B6 dan serat yang baik untuk proses pencernaan.


5. ALPUKAT

Alpukat sangat berbeda dari kebanyakan buah-buahan yang telah kita sebutkan diatas. Karena buah ini memiliki kandungan lemak sehat yang sangat tinggi, bukan karbohidrat. Teksturnya yang bersifat creamy membuat buah ini banyak diminati baik anak anak hingga orang dewasa. Buah ini juga mengandung tinggi serat, kalium dan vitamin C.


6. APEL

Apel adalah buah yang kaya akan kandungan serat, vitamin C serta antioksidan. Mengkonsumsi apel akan memberi efek kenyang pada lambung dan memberi rasa puas saat memakannya. Selain itu, apel juga sangat portable untuk dibawa kemana pun saat kita membutuhkan cemilan sehat dimana pun dan kapan pun.


(7 - 12 Kacangan Kacangan dan Biji Bijian)

Meskipun tinggi lemak dan kalori, penelitian telah menunjukkan bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Makanan yang bertekstur renyah ini memiliki kandungan magnesium dan vitamin E yang baik untuk baik untuk kesehatan kulit.


7. KACANG ALMOND

Kacang almond adalah salah satu jenis kacang yang populer hampir di seluruh belahan dunia. Komposisinya yang sarat dengan vitamin E, antioksidan, magnesium dan serat, membuat kacang yang satu ini menjadi pilihan utama untuk menjaga kesehatan tubuh serta kecantikan kulit. Sebuah studi menunjukkan, kandungan zat yang terdapat didalam kacang almond, dapat membantu Anda menurunkan berat badan, serta memberikan manfaat yang mengesankan bagi kesehatan metabolisme tubuh.


8. BIJI CHIA

Biji chia adalah salah satu makanan padat nutrisi di bumi kita saat ini. 28 gram dari biji chia mengandung 11 gram serat, dan beberapa kandungan vitamin lainnya seperti magnesium, mangan, kalsium dan masih banyak lagi.


9. KELAPA

Kelapa mengandung serat dan asam lemak kuat yang disebut dengan trigliserida rantai menengah.


10. KACANG MACADAMIA

Bukan hanya memiliki rasa yang lezat, kacang macadamia juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan tubuh dan jantung.


11. KENARI

Kacang kenari adalah makanan yang sangat kaya akan kandungan gizi. Mulai dari serat hingga aneka macam vitamin dan mineral bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi kacang yang satu ini.


12. KACANG TANAH

Bukan hanya gurih dan memiliki rasa yang lezat, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang tanah akan membantu anda dalam proses menurunkan berat badan.


(13 -15 Daging)

Tidak benar jika kita mengatakan mengkonsumsi daging tidak baik untuk kesehatan. Sebab, mengkonsumsinya dalam jumlah tertentu dan proses pengolahan yang baik justru akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.


13. DAGING SAPI TANPA LEMAK

Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber protein terbaik yang ada, serta mengandung zat besi yang bermanfaat dalam proses pembentukan sel darah merah.


14. DADA AYAM

Dada ayam adalah bagian terbaik yang bisa kita konsumsi dari seekor ayam. Serat daging yang rendah lemak dan tinggi akan protein sangat baik dalam membantu proses pembentukkan jaringan otot.


15. DOMBA

Domba biasanya diberi makan rumput, dan dagingnya cenderung tinggi akan kandungan asam lemak Omega-3.

Makanan Super Sehat Yang Wajib Dicoba antara lain
ASPARAGUS
BROKOLI
WORTEL
KEMBANG KOL
MENTIMUN
BAWANG PUTIH
BAWANG MERAH
TOMAT
IKAN MAS
SARDEN
KERANG
UDANG
TUNA
NASI MERAH
OAT / GANDUM
ROTI
IKAN SALMON


Daftar Makanan Super Sehat Yang Wajib Dicoba
Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali makanan bergizi disekitar kita yang bisa kita konsumsi dan mengandung tinggi vitamin. Namun tetap perlu diingat, konsumsilah semua bahan makanan diatas secukupnya saja dan tidak berlebih lebihan. Karena segala sesuatu yang berlebih lebihan, bukan membuat tubuh menjadi sehat, justru akan mendatangkan berbagai macam jenis penyakit.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x