Mohon tunggu...
masavid
masavid Mohon Tunggu... Jurnalis - Hanya Seorang Pencari Informasi dan Berita

bekerja semampunya, kuat di lakoni tidak kuat tinggal ngopi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Hidupkan Kembali Fungsi Keamanan, Babinsa Banyumeneng Koramil 12/Mranggen Bantu Warga Renovasi Pos Ronda

3 Januari 2022   11:10 Diperbarui: 3 Januari 2022   11:14 109 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DEMAK -- Wujudkan kedekatan dengan warga desa binaan, Babinsa Desa Banyumeneng Koramil 12/Mranggen Kodim 0716/Demak Serda Achmad Safii bersama warga melaksanakan kerja bakti renovasi gardu Pos Kamling di RT 02 RW 02 Dukuh Kedungdolog, Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Minggu (02/01/2022).

Kehadiran Babinsa ini merupakan bentuk peran serta dalam masyarakat dalam menciptakan kemanunggalan TNI dan rakyat, dan merupakan aplikasi prajurit Teritorial di wilayah. Selain itu juga untuk memberikan motivasi dan semangat kepada warga dalam menciptakan keamanan lingkungan.

Tak hanya fokus dan setia dalam dinas kemiliteran sesuai Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, seorang Babinsa juga harus selalu sigap dan tanggap atas kesulitan dan kebutuhan masyarakat yang ada di wilayah desa binaan.

"Sebagai Babinsa, membantu warga dalam kerja bakti merupakan suatu kewajiban. Apalagi kegiatan dalam memperbaiki sarana keamanan wilayah seperti renovasi gardu Pos Kamling ini," ungkap Babinsa Serda Achmad Safii.

Dikatakannya, Pos Kamling sendiri merupakan suatu kegiatan atau upaya untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), dengan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dan peduli terhadap keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

"Jadi dengan direnovasinya sarana keamanan lingkungan ini, fungsi pos kamling dapat dihidupkan kembali, sehingga dapat meningkatkan keamanan wilayah, khususnya di RT 02 ini," tandasnya.

Sementara itu, menurut Ketua RT setempat, Saidun, renovasi gardu Pos Kamling tersebut sebetulnya sudah lama diinginkan oleh warga guna menghidupkan kembali fungsi pos ronda yang ada di kampungnya. Akan tetapi karena beberapa hal, baru dapat dilaksanakan.

"Sebetulnya sudah lama warga ingin memfungsikan kembali gardu ini, akan tetapi karena beberapa hal, renovasi baru bisa kita kerjakan hari ini. Dan Alhamdulillah, warga kompak ikut gotong royong, apalagi dengan adanya kehadiran Babinsa, menambah semangat warga," tukasnya. (pendim0716).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan