Mohon tunggu...
masavid
masavid Mohon Tunggu... Hanya Seorang Pencari Informasi dan Berita

bekerja semampunya, kuat di lakoni tidak kuat tinggal ngopi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kodim Demak Distribusikan 724 Zakat Fitrah Anggota

7 Mei 2021   04:54 Diperbarui: 7 Mei 2021   04:58 40 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kodim Demak Distribusikan 724 Zakat Fitrah Anggota
Dok Kodim Demak

Demak - Zakat fitrah adalah zakat yang harus ditunaikan bagi seorang muslim yang mampu (muzakki). Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan sekali setahun yaitu saat bulan Ramadhan menjelang idul fitri.

Untuk itu, Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz, S.I.P., M.I.Pol memimpin penyaluran zakat fitrah anggota Kodim 0716/Demak dalam apel pendistribusian zakat fitrah 1442 H/2021 M Kodim 0716/Demak di lapangan Makodim, Jalan Kyai Singkil No 01 Demak, Kamis (06/05/2021).

Secara simbolis, Dandim menyerahkan zakat berupa beras seberat 2,5 kilogram kepada penerima zakat fitrah dari panitia panitia zakat yang sudah dibentuk oleh Kodim 0716/Demak. Nantinya untuk pendistribusian lebih lanjut, akan disalurkan oleh panitia tersebut.

Dok Kodim Demak
Dok Kodim Demak
Dandim dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Zakat fitrah hukumnya wajib ditunaikan bagi setiap muslim yang mampu. Bagi Umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan diwajibkan membayar zakat fitrah yang bertujuan untuk mensucikan diri dan untuk menyempurnakan amal ibadah selama berpuasa.

Menurut Dandim, zakat fitrah berarti menyucikan harta, karena dalam setiap harta manusia ada sebagian hak orang lain. Oleh karenanya, tidak ada suatu alasan pun bagi seorang hamba Allah yang beriman untuk tidak menunaikan zakat fitrah karena telah diwajibkan bagi setiap muslim, laki-laki maupun perempuan, orang yang merdeka atau budak, anak kecil atau orang dewasa.

"Ini perkara yang telah disepakati oleh para ulama. Jadi zakat fitrah hukumnya wajib bagi yang mampu," tegas Dandim.

Lebih lanjut, dikatakannya, bahwa pada tahun ini panitia zakat Kodim 0716/Demak menerima zakat sebanyak 724 bungkus yang berasal dari prajurit dan keluarganya serta PNS Kodim 0716/Demak. Untuk pendistribusiannya akan dibagikan kepada fakir miskin disekitar Kodim 0716/Demak, yayasan Panti Asuhan, serta Pondok Pesantren di wilayah Kabupaten Demak.

"Sistem pembagiannya akan diserahkan ke Koramil jajaran, sehingga zakat fitrah anggota akan sampai pada orang yang berhak/sesuai dengan sasaran," tutup Dandim.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x