Mohon tunggu...
masavid
masavid Mohon Tunggu... Jurnalis - Hanya Seorang Pencari Informasi dan Berita

bekerja semampunya, kuat di lakoni tidak kuat tinggal ngopi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Koramil 06/Wedung Bersama Pemdes dan Masyarakat Bersihkan Tanaman Angkong di Kali Blok Lewan

22 Februari 2021   12:09 Diperbarui: 22 Februari 2021   12:25 374 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Demak -- Anggota Koramil 06/Wedung Kodim 0716/Demak yang dipimpin Bati Tuud Serma Wahyu bersama Pemdes dan warga melaksanakan kerja bakti pembersihan Krangkong di kali Blok Lewan Desa Mutih Wetan, Kecamatan Wedung, Minggu (21/02/2021).

Pembersihan tanaman yang termasuk dalam spesies Ludwigia adscendens ini mengganggu laju air di tengah musim penghujan. Sehingga dikawatirkan dapat menyebabkan terjadinya banjir di sekitar Desa Mutih Wetan. Selain itu tanaman ini juga menganggu jalannya air yang mengalir ke area persawahan warga.

"Kita bersama Pemdes dan warga masyarakat gotong royong membersihkan tanaman ini. Dengan harapan, kali Blok Lewan Wetan kembali bersih dan laju air kembali normal," ungkap Serda Busro, Babinsa setempat disela-sela kerja bakti.

Dijelaskannya, kerja bakti bersama ini juga merupakan bentuk kepedulian Koramil 06/Wedung akan kondisi wilayah teritorialnya. Dimana banyak warga yang mengeluhkan keberadaan tanaman Krangkong yang menutupi saluran irigasi. Air yang seharusnya mengalir lancar tersumbat tanaman yang mengandung saponin, kardenolin dan flavonoid ini.

Serda Busro juga tak menampik, bahwa jenis tanaman ini sebenarnya mempunyai banyak manfaat, daun, atau seluruh bagian tanaman krangkong dalam keadaan segar atau setelah dikeringkan berkhasiat untuk anti nyeri, penurun panas dan peluruh air seni.

"Akan tetapi, di kali Blok Lewan Desa Mutih Wetan ini, bagi warga tanaman ini sangat menganggu irigasi pertanian. Sehingga kita bersama-sama kerja bakti normalisasi kali dari tanaman Krangkong ini. Jika kali bersih, tentunya irigasi lancar dan dapat meningkatkan produktifitas pertanian warga," tegas Busro

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan