Mohon tunggu...
Avid Dea
Avid Dea Mohon Tunggu... avid dea saftri

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Cara Memperhatikan Anak Hiperaktif

14 Oktober 2019   04:32 Diperbarui: 14 Oktober 2019   04:32 0 1 0 Mohon Tunggu...

Anak hiperaktif biasanya di beri lebel atau  dianggap ''anak yang tidak bisa  diam ''sebagaia orang tua merasakan mengasuh anak hiperaktif sangat menguras banyak tenaga dan fikiran , karena lengah sedikit orangtua akan kehilangan  control  pada anak. sehingga pengawasan  juga sangat di perlukan  dengan jeli tidak bisa anak hiper aktif di biarkan  tanpa pengawasan.

Namun adakah cara  mengatasi anak hiperaktif serta bagaimana  mengarakan  dengan benar-benar  sehingga tidak salah aturan ?

Pertama --tama mari kita bahas tentang anak hiperaktif itu sendiri apa?  Hiperaktif pada anak adalah suatu kondisi  pada anak yang menujukan  ketidak mampuan anak untuk mengontrol prilakunya   sehingga aktivitas nya  melebihi  rata --rata anak pada umumnya . tidak bisa anak hiperaktif memusatkan perhatian pada satu  perhatian  , karena  anak hiperaktif  biasanya beraktifitas fisik yang berlebih dan susah untuk memusaatkan perhatian dan berreaksi cepat tanpa berfikir  panjang.

Jika tanpa pengawasan  dan kontrolan orangtua prilaku ini tentu dapat  merugikan  anak sendiri dan orang lain , sebab  jika anak masih usia dini anak masih  belum bisa memperikan dampak negatifnya.

Hiperaktif merupakan salah satu perilaku yang  dimiliki anak  dengan gangguan yang disebut  Attetion deficit and hiperactivitiy  disorder  (ADHD) adalah gangguan dengan perkembangan   dalam   aktivitas motoric anak yang mengakibatkan  aktifitas anak berlebih  dan lebih agresif.  Biasanya  ditandai anak an yang mudah gelisah dan tidak bisa  duduk tenang  dan  cederung  sedikit cerewet dan sulit focus  dalam satu hal

Maka dari itu para orang tua banyak yang merasa  kesulitan dalam mengarahkan  serta mengontrol  anak hiperaktif  maka dari itu orang tua perlu berkonsultasi ke dokter atau pskiater untuk membantu proses  pengarahan tersebut biasanya  di beri tambahan obat atau resep dan terapi.

  • Jauhakan  anak dari berbagai aktifitas yang  berbahaya 

Hal-hal kecil sangat perlu di perhatikan dalam menngkontrol anak hiper karena anak hiper aktif  cendrung tidak bisa berpusat  pada satu perhatian tetapi perhatian , anak hiperhatif cebderung gampang terkecoh oleh hal-hal  atau aktivitas yang dianggapnya menarik dan membuat nya merasa ingin mecoba serta melakukan aktiftas serupa tanpa  melihat umur serta  kemampuanya dan membahayakan dirinya atau tidak , maka dri itu jauhkan  berbagai aktivitas yang membahayakan nya.  Tetapi jangan memaksanya untuk tenang  karena hal ini  justru akan membuat ia semakin gelisah dan  tidak tenang   tetapi mengajak dan menjauhkan  anak dari pusat benda yang bahaya  dan memusatkan pada  aktifitas lebih aman  dan menjauhkan barang yang berbahaya.   

 Atur pola hidup yang terstruktur

Anak  hiperaktif  terkadang  butuh diarahka n danterkadang  pelu di beri perintah  yang  jelas dan sebuah pola yang struktur  untuk diikuti pasalnya , anak hiperaktif   terkadang cenderung lebih cepat dan cemas saat mereka  tidak tahu apa yang  harus dilakukan

Oleh karena itu ,dan membuat rutinitas  yang sederhana dan terjadwal .misalnya terkadang  orang tua perlu meperhatikan  dari segi makan atau  jam tidur anak agar hidup anak pola hidup yang terstukur.

Membuat peraturan  yang  jelas dan konsisten 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2