Mohon tunggu...
Aviana PashaRamadanty
Aviana PashaRamadanty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Bahasa Korea Universitas Pendidikan Indonesia

seorang mantan kpoper yang berusaha lulus dari jurusan Bahasa Korea

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Laksanakan KKN Tematik Secara Daring, Mahasiswa UPI Fokus Mengabdi di Desa Masing-Masing Sesuai Domisili

9 Agustus 2022   14:30 Diperbarui: 9 Agustus 2022   14:35 63 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
kelas mengajar di SDN Pataruman, dok. pribadi

Terhitung sejak tanggal 11 Juli 2022 sampai dengan 10 Agustus 2022 Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik bagi para mahasiswa semester 6 ke atas secara daring sesuai dengan domisili masing-masing mahasiswa. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan KKN Tematik tahun ini mengusung tema "Kuliah Kerja Nyata Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM".

Adapun KKN Tematik yang diselenggarakan di Kabupaten Cianjur tergabung dalam Kelompok 114 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 30 orang. Kelompok 114 ini mendapatkan sub-tema kegiatan yaitu Desa Tanpa Kemiskinan, yang di dalam tema tersebut terbagi kembali menjadi enam indikator, seperti: Tingkat Kemiskinan Warga Desa; Persentase Warga Desa Peserta Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) Bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan; Keluarga Miskin Penerima Bantuan Sosial; Keluarga Miskin Mendapat Layanan Kesehatan, Pendidikan, Air Bersih, dan Hunian Layak; Keluarga Miskin Korban Bencana yang Ditangani; dan Kepemilikan Aset Dasar Modern (Radio, TV, Telepon, Sepeda, Sepeda Motor, Mobil). Namun dalam pelaksanaannya, kelompok ini dibagi kembali menjadi enam kelompok kecil sesuai dengan indikator yang telah disebutkan sebelumnya.

Kelompok kecil pertama memilih indikator Tingkat Kemiskinan Warga Desa dan dilaksanakan di Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur. Secara garis besar kelompok pertama dari kelompok 114 melakukan beberapa program kerja mulai dari pendataan masyarakat kurang mampu penerima bantuan, sosialisasi mengenai korelasi pendidikan dengan tingkat kemiskinan, membuka kelas mengajar, dan donasi buku. Pelaksanaan program kerja berfokus di RW 19 dikarenakan wilayah tersebut merupakan wilayah dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Kelurahan Sayang.

Untuk kelas mengajar dilaksanakan di SDN Pataruman yang masih berlokasi di wilayah RW 19. Terkait mata pelajaran yang diajarkan pada kelas mengajar yaitu Bahasa Korea, Bahasa Inggris, Kemampuan Mengetik 10 Jari, Desain, dan Matematika dengan sasaran siswa-siswi kelas V dan kelas VI SD. Program ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pengetahuan baru kepada para siswa mengenai beberapa disiplin ilmu di luar mata pelajaran pokok yang telah diajarkan di sekolah.

Selain di SDN Pataruman pelaksanaan kelas mengajar dilakukan di Poli BHS yang bertempat di Kantor Kelurahan Sayang. Adapun pelaksanaan kelas mengajar ini dilakukan pada sore hari selama 30 menit. Sasaran dari pelaksanaan kelas mengajar ini yaitu anak-anak usia sekolah yang biasa bermain bola di halaman Kantor Kelurahan Sayang. Kegiatan ini dilaksanakan atas saran dari Bapak Alba Nurahman, S.STP., M.A. selaku Lurah Kelurahan Sayang.

kelas mengajar kemampuan mengetik 10 jari di Poli BHS, dok. pribadi
kelas mengajar kemampuan mengetik 10 jari di Poli BHS, dok. pribadi

"Meskipun pelaksanaan KKN ini terlalu singkat, tetapi memang ada beberapa makna yang perlu kita dalami, yaitu terkait dengan komunikasi yang kalian laksanakan dengan saya, cukup baik dan cukup intens, serta saya juga membantu kalian dalam hal segi kebutuhan apa yang kalian perlukan, baik itu secara sarana-prasarana maupun hal lainnya. Saya juga berupaya memaksimalkan proses KKN kalian bisa bermanfaat bagi masyarakat Kelurahan Sayang. Kemudian pesan saya fokus terhadap apa yang sudah kalian mulai terutama di bidang pendididkan, selesaikan masa pendidikan kalian dan kejar mimpi kalian," ujar Lurah Kelurahan Sayang.

bersama Lurah Sayang, Alba Nurhaman, S.STP., M.A. Dok. pribadi
bersama Lurah Sayang, Alba Nurhaman, S.STP., M.A. Dok. pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan