Mohon tunggu...
aventus goklas
aventus goklas Mohon Tunggu... aventus

saya merupakan mahasiswa yang kuliah sambil bekerja.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar Negara

19 April 2021   22:46 Diperbarui: 19 April 2021   23:31 44 1 0 Mohon Tunggu...

Kita semua tahu bahwa Soekarno termasuk salah seorang perumus Pancasila.Pancasila sebagai ideologi negara  masa pemerintahan Presiden Soekarno; diketahui bahwa Soekarno termasuk salah seorang perumus Pancasila. Dinamika Pancasila sebagai dasar negara dalam sejarah bangsa Indonesia memperlihatkan adanya pasang surut dalam pelaksanaan nilai-nilai Pancasila.

Bahkan pada masa reformasi masih mengalami pasang surut yakni,enggannya para penyelenggara negara mewacanakan tentang pancasila, bahkan berujung pada hilangnya pancasila dikurikulum nasional. Padahal nilai pancasial sangat penting di kehidupan zaman sekarang dimana banyak pemuda dan pemudi penerus bangsa ini telah melupakan nilai nilai luhur yang tertera pada pancasila Meskipun pada akhirnya timbul kesadaran penyelenggara negara tentang pendidikan pancasila di perguruan tinggi.

Pancasila sebagai ideologi dalam masa pemerintahan Presiden Soeharto diletakkan pada kedudukan yang sangat kuat melalui TAP MPR No. II/1978 tentang pemasyarakatan P-4. ideologi Pancasila menjadi asas tunggal bagi semua organisasi politik (Orpol) dan organisasi masyarakat (Ormas).

Tantangan terhadap Pancasila sebagai Ideologi Negara

Unsur-unsur yang mempengaruhi tantangan terhadap pancasila sebagai ideologi negara meliputi faktor eksternal dan internal. Adapun faktor eksternal meliputi hal-hal berikut :

Pertarungan ideologi antara negara-negara super power antara Amerika Serikat dan Uni Soviet antara 1945 sampai 1990 yang berakhir dengan bubarnya negara Soviet sehingga Amerika menjadi satu-satunya negara super power.

Menguatnya isu kebudayaan global yang ditandai dengan masuknya berbagai ideologi

Asing dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena keterbukaan informasi.

Meningkatnya kebutuhan dunia sebagai akibat pertambahan penduduk dan kemajuan

Ideologi sehingga terjadi eksploitasi terhadap sumber daya alam secara matif. Dampak konkritnya adalah kerusakan lingkungan, seperti banjir, kebakaran hutan.

Saya Aventus sebagai penulis mengucapkan terima kasih pada pembaca dan juga pada para pemuda yang memperjuangkan keadilan di negeri kita tercinta. sekian dari saya, salam.

terima kasih kepada dosen saya bapak Ilham Hudi, S.Pd., M.Pd

VIDEO PILIHAN