Ekonomi

Bukan Modal Besar, Inilah Kunci Sukses Membangun UMKM

17 Januari 2018   11:19 Diperbarui: 17 Januari 2018   11:29 1084 0 1
Bukan Modal Besar, Inilah Kunci Sukses Membangun UMKM
dokpri

Ketika ditanya mengenai faktor terpenting dalam pengembangan bisnis, para pelaku usaha umumnya mengesampingkan faktor-faktor seperti pengetahuan dan keterampilan, inovasi produk, pemasaran dan iklim usaha. Sumber daya permodalan adalah alasan klasik yang dianggap sebagai faktor utama penentu baik buruknya perkembangan usaha.

Untuk melihat realita mengenai faktor-faktor pendukung perkembangan usaha kecil, Majalah Martani berkesempatan untuk mewawancarai Dra. Siti Munfaqiroh, M.Si, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara. Ditemui di sela kesibukannya sebagai pemateri kelas Pengolahan Hasil Pertanian Program PADI Desa Jarangan, Kamis (14/12/2017), Siti Munfaqiroh membagikan tips dalam memulai usaha pengolahan pangan.

Ia menyatakan bahwa modal bukan faktor terpenting dalam pengembangan usaha. Menurutnya, inovasi dan pemasaran-lah yang harus menjadi perhatian utama.

Ngomong-ngomong soal upaya pengembangan produksi berbasis komoditas unggulan desa, mohon berikan satu kata kunci yang harus dipegang teguh?

Inovasi!

Kenapa inovasi anda anggap sebagai hal terpenting?

Di era modern yang serba digital ini, inovasi perlu agar kita tidak ketinggalan dengan yang lain. Supaya produk kita berbeda dengan sebelumnya, supaya menarik dan biasanya dilakukan secara terencana dan punya tujuan.

Inovasi seperti apa yang Anda maksudkan?

Inovasi itu adalah proses pemanfaatan dan pengembangan. Jadi, potensi lokal yang sudah ada, itu yang dimanfaatkan, dikembangkan atau diperbarui. Inovasi juga berarti menciptakan hal-hal yang baru, yang berbeda dengan sebelumnya.

Jadi sebenarnya apa yang perlu diinovasikan itu?

Boleh caranya, boleh prosesnya, teknologi baru, bahan baku atau hanya sekadar pengemasan saja.

Jadi, yang anda maksudkan dengan inovasi adalah cara pandang pelaku usaha yang dinamis dan melakukan perubahan siring perkembangan zaman?

Ya, begitu secara konsep.

Lantas, bagaimana cara untuk memulai berinovasi?

Menggali ide dan gagasan sendiri.

Kalau idenya orang lain bagaimana?

Tidak masalah. Kita hanya perlu mencocokkan dengan ide kita sendiri. Amati, tiru baru lakukan inovasi.

Prasyarat apa yang akan mendukung berjalannya inovasi produksi?

Pertama, keinginan yang kuat dari warga masyarakat dan para pengambil keputusan, termasuk tokoh-tokoh penting seperti tokoh agama dan tokoh masyarakat. Tokoh-tokohnya bagus dan mendukung, masyarakatnya punya kemauan untuk maju, saya yakin itu bisa mendorong terjadinya inovasi.

Kedua, ada potensi unggulan desa yang layak dikembangkan. Saya yakin setiap desa punya potensi unggulan. Tinggal masyarakat menyadari atau tidak bahwa desanya punya potensi. Jadi dalam hal ini perlu jeli melihat hal-hal sederhana yang ada di lingkungan sekitar, hasil pertanian perkebunannya, hasil laut dan sosial budayanya juga. Semua itu adalah potensi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3