Mohon tunggu...
Austin
Austin Mohon Tunggu... Lainnya - Murid

Saya adalah murid yang mau nilai

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Globalisasi dalam Bidang Pendidikan Indonesia

26 November 2022   21:45 Diperbarui: 26 November 2022   22:04 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Globalisasi adalah proses yang sedang berlangsung di seluruh dunia dan berdampak pada segala aspek kehidupan. Salah satu bidang yang terkena dampak globalisasi adalah pendidikan, termasuk di Indonesia. Globalisasi membawa perubahan dalam sistem pendidikan, baik dari segi kurikulum maupun penyebaran informasi.

Apa Itu Globalisasi?

Globalisasi adalah proses perubahan yang terjadi di seluruh dunia yang dipengaruhi oleh pertukaran informasi, teknologi, dan budaya. Proses ini menyebabkan dunia menjadi semakin saling terkait satu sama lain. Globalisasi juga dapat diartikan sebagai proses integrasi ekonomi, politik, dan budaya antar negara-negara di dunia. Indonesia telah mengalami proses globalisasi sejak berakhirnya Perang Dunia II, ketika Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) didirikan.

Dampak globalisasi turut dirasakan oleh negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dampak positif globalisasi dalam bidang pendidikan di Indonesia adalah semakin banyaknya akses pendidikan bagi masyarakat sehingga tingkat literasi pun semakin meningkat. 

Selain itu, globalisasi juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk belajar di luar negeri dengan biaya yang cukup pantas. Berikut adalah dampak-dampak positif globalisasi dalam bidang pendidikan Indonesia.

Sistem belajar mengajar tidak selalu harus tatap muka

Sistem belajar mengajar tidak selalu harus tatap muka, karena era globalisasi ini semua orang memiliki akses ke teknologi canggih yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar. Dengan adanya teknologi, para guru dapat menyampaikan materi pelajaran kepada siswa secara online, dan siswa dapat mengakses pelajaran kapan saja dan dimana saja mereka berada.

 Selain itu, adanya teknologi juga dapat membantu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, seperti dengan adanya video tutorial atau simulasi yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami suatu materi.

Meningkatnya mutu pendidik

Meningkatnya mutu pendidik di Indonesia telah menjadi salah satu dampak positif dari globalisasi. Sejak era reformasi, Indonesia telah mengalami banyak perubahan dalam sektor pendidikan, termasuk penyediaan sarana dan prasarana yang lebih

baik, peningkatan kualitas guru, dan perlunya penyesuaian terhadap perkembangan teknologi. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memberdayakan guru sebagai professional yang mampu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun