Mohon tunggu...
Muhammad Fauzi Ali
Muhammad Fauzi Ali Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa UPI Jurusan Sains Informasi Geografi Angkatan 2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKNT UPI: Pendampingan Siswa SDN 127 Sekeloa dalam Meningkatkan Kegiatan Literasi Secara Daring

26 September 2021   08:53 Diperbarui: 26 September 2021   09:05 367
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia saat ini merupakan negara yang memiliki peringkat literasi yang rendah yaitu berada di peringkat ke-72 dari 77 negara menurut nilai dari Programme for International Student Assessment (PISA). Hal tersebut berarti tingkat membaca para siswa di Indonesia masih sangat rendah terutama di masa pandemi Covid-19. Para siswa diharuskan untuk belajar secara daring sehingga banyak siswa yang malas membaca buku dan hanya ingin bermain game melalui gadget. 

Oleh karena itu, saya Muhammad Fauzi Ali mahasiswa program studi Sains Informasi Geografi UPI selaku penulis melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UPI 2021 dengan mengambil tiga tema Literasi yaitu Baca Tulis, Numerasi, dan Sains. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 26 Agustus -- 26 September 2021.

Tujuan sekolah yang dipilih yaitu di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 127 Sekeloa yang berada di Jl. Sekeloa Utara No.30, Kelurahan Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Lalu kelas yang saya tuju yaitu kelas 5A yang memiliki jumlah siswa sebanyak 32 orang, namun saya hanya mendampingi 10 siswa beserta 10 orang tua siswa. Sebelumnya, saya bertemu terlebih dahulu dengan Bu Icha selaku wali kelas 5A untuk berbincang mengenai kegiatan KKN yang akan saya laksanakan.

dokpri
dokpri

Berikut ini adalah kegiatan saya selama KKN literasi:

  1. Pada kegiatan Literasi Baca Tulis, Saya membantu guru wali kelas 5A untuk membuat Powerpoint materi pelajaran Tematik dalam bentuk video yang dikirimkan melalui grup Whatsapp atau menjelaskan materi melalui aplikasi Zoom Meeting.
  2. Pada kegiatan Literasi Numerasi, Saya membantu guru untuk membuat tutorial pengerjaan dari materi pecahan Matematika dan membuat soal dalam bentuk Powerpoint yang dibuat dalam bentuk video. Materi dan soal yang telah dibuat kemudian dikirimkan melalui grup Whatsapp agar para siswa bisa menyimak dengan baik. Saya juga membantu siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal.
  3. Pada kegiatan Literasi Sains, saya membuat materi dasar dan soal mengenai globe dalam bentuk Powerpoint.  Saya memilih materi globe karena ilmu tersebut sesuai dengan jurusan saya yaitu Sains Informasi Geografi. Kemudian, saya mengadakan video conference dengan para siswa melalui Google Meet untuk menjelaskan materi dan memperagakan globe secara langsung, serta memberikan soal kepada para siswa. Siswa-siswa sangat antusias untuk menyimak, bertanya, dan mengerjakan soal dengan baik.

dokpri
dokpri

Selama kegiatan, ada sedikit siswa yang tidak mengerjakan karena terdapat siswa yang tidak ingin sekolah secara daring. Hal tersebut diketahui dari keluhan orang tua yang sulit membimbing anaknya untuk belajar daring. Oleh karena itu, belajar secara daring tentunya memiliki beberapa kendala yang harus diatasi namun literasi harus tetap diterapkan agar para siswa memiliki kebiasaan untuk membaca.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun