Mohon tunggu...
Auryna Kirana
Auryna Kirana Mohon Tunggu... priki

priki priki priki

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kebersihan Kelasku

14 Mei 2019   08:54 Diperbarui: 14 Mei 2019   08:55 0 0 0 Mohon Tunggu...

PIKET adalah tugas yang wajib dilaksanakan bagi seluruh murid perkelas demi kenyamanan selama kegiatan belajar-mengajar berlangsung. Hal itu berlaku di kelas 7A maupun di kelas lain. Setiap hari Senin, mulai dari absen 1 sampai 7 wajib menjalani tugas piket, begitu juga dengan hari-hari selanjutnya yang dikerjakan 7 orang perharinya.

Kelasku selalu bersih, bahkan kelas kami, 7A, mendapatkan kelas terbersih di tiga angkatan tempo lalu. Kami sangat menjaga kebersihan kelas kami dengan cara membuang sampah setiap waktu istirahat usai, baik sampah kita atau sampah teman kita. Kami selalu menyapu dan mengepel kelas bila ada makanan atau minuman yang tumpah, sehingga lantai kelas tampak sangat bersih. Jika ada barang yang tidak ada tanda kepemilikannya, akan kami simpan di loker belakang supaya tidak mengganggu 'pemandangan', contohnya seperti baju olahraga yang tidak diketahui siapa pemiliknya, namun bersarang di meja belakang kelas kami.

Jujur, dari absen satu sampai tiga puluh lima, hanya beberapa yang rajin melaksanakan piket. Termasuk saya yang bisa dikatakan 'niat pas semester satu doang'. Saya lebih memilih untuk pulang lebih dulu, atau tidak jajan di kantin bersama teman-teman saya yang lain daripada harus menyapu kelas dan sebagainya. Namun terkadang saya dan teman-teman masih memiliki rasa tanggung jawab, sehingga kami sering membuang sampah yang tergeletak di kolong meja. Membuang sampah bisa dipandang tindakan kecil, namun bagi saya itu sudah sangat membantu agar kaki kami yang diletakkan di kolong meja bisa lebih leluasa dan tidak dihambat sampah-sampah bekas snack.

Mungkin ini saja yang bisa saya ceritakan tentang kebersihan kelas saya yang sangat dijaga oleh teman-teman, untuk selebihnya, kalian bisa bayangkan sendiri bagaimana kami membagi tugas atau cabut piket.

Terimakasih.