Mohon tunggu...
Aurora Cahya Primatalia
Aurora Cahya Primatalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Sriwijaya Pendidikan Masyarakat 2019

Travelling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Opini: Lansia dan Kesehatan Lansia

6 Oktober 2022   10:11 Diperbarui: 6 Oktober 2022   10:15 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lansia merupakan tahap lanjut dari suatu proses kehidupan yang ditandai dengan penurunan kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan stres lingkungan. Lansia adalah keadaan yang ditandai oleh kegagalan seseorang untuk mempertahankan keseimbangan terhadap kondisi stres fisiologis.

Faktor penyebab penyakit hipertensi yaitu faktor demografi seperti umur, jenis kelamin, keturunan dan etnis, faktor perilaku seperti obesitas, stress, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, serta asupan yang salah.

Dikarenakan banyak terjadi permasalahan hipertensi pada lansia tanjung gelam, dengan kegiatan yang diadakan dapat membuat mereka sadar tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan dan menghindari penyakit hipertensi, data yang sudah didapatkan dilapangan menunjukkan bahwa masyarakat di Desa Tanjung Gelam banyak yang mempunyai penyakit hipertensi.

Penyakit hipertensi ini tidak bisa kita anggap remeh sehingga kita sebagai mahasiswa harus memberikan masukan dan kegiatan yang baik untuk menambah pengetahuan kepada para lansia tentang bahayanya penyakit hipertensi dan memberikan cara mencegah penyakit hipertensi tersebut.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Lansia sangat butuh diperhatikan, apalagi tentang permasalahan penyakit yang ada dilansia. Sebagai generasi muda harus memperhatikan kegiatan dan kesehatan pada lansia sehingga mereka dapat merasakan bahwa mereka diperhatikan dan tidak sendirian, agar mereka dapat merasakan kasih sayang yang ada disekitar mereka.

Jurusan : Pendidikan Masyarakat Universitas Sriwijaya 2019
Mata Kuliah : Pendidikan Lansia
Dosen Pengampu :
1. Dr. Azizah Husin, M.Pd.
2. Yanti Karmila Nengsih, S.Pd., M.Pd

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun