Mohon tunggu...
Kesehatan Pilihan

Stres Bisa Memicu Timbulnya Sariawan Lho!

15 Desember 2018   21:19 Diperbarui: 15 Desember 2018   21:37 252 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Stres Bisa Memicu Timbulnya Sariawan Lho!
(Foto: Ilustrasi/BrainFacts)

Step menyembuhkan sariawan karena stress bisa dengan mengatur emosi dan pola berpikir.

Sariawan pada umumnya tidak disukai orang, apabila ada yang mengalaminya. Bahkan untuk makan saja rasanya tidak nyaman apalagi sekedar berbicara malas dehh.

Parahnya, Jika sudah dilanda gangguan mulut ini waktu untuk bisa sembuh tanpa pengobatan medis sekitar satu sampai dua minggu.

Ternyata tidak sedikit lho yang mengira bahwa sariawan itu muncul disebabkan oleh kurangnya vitamin C. Namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah. Ternyata ada penyebab lain nih yang dapat memicu timbulnya sariawan yaitu stress.

 Stress dapat memacu kadar asam lambung sehingga mukosa dimulut bereaksi dan menjadi rusak.

Selanjutnya kebiasaan buruk saat stress tanpa disadari dapat memunculkan sariawan. Seperti menggigit bibir,makan-makanan pedas dan berlemak, serta kurangnya minum air mineral. Pola stress seperti diatas lah yang bisa menyebabkan iritasi di rongga mulut sehingga luka atau lesi bermunculan.

(Foto:Ilustrasi/senamyoga)
(Foto:Ilustrasi/senamyoga)
Step menyembuhkan sariawan karena stress bisa dengan mengatur emosi dan pola berpikir. Menenangkan diri agar tidak stress bisa dilakukan dengan pola yang baik seperti yoga,olah raga, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan lain.

(Foto: Ilustrasi/dreamstime)
(Foto: Ilustrasi/dreamstime)
Sobat Kompasiana juga bisa lho mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, vitamin B- Kompleks, dan zat besi. Nutrisi tersebut dapat mencegah serta meningkatkan proses penyembuhan sariawan.

(Foto:Ilustrasi/fitnessformen)
(Foto:Ilustrasi/fitnessformen)
Cara mudah lainnya adalah dengan mengonsumsi minuman Larutan Penyegar. Cairan tersebut terbuat dari herbal alami yang bisa menyembuhkan gejala panas dalam seperti sariawan, bibir pecah-pecah, sembelit, sakit tenggorokan dan meriang.

Sobat Kompasiana, sekarang sudah tahu kan cara mudah menyembuhkan sariawan akibat stress. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat kompasiana.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x