Mohon tunggu...
Aurelna Griseldis
Aurelna Griseldis Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Saya Aurelna Griseldis Setiyarto, mahasiswi tahun ketiga di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta jurusan Hubungan Internasional. Saya tertarik dengan bidang hubungan internasional dan hubungan masyarakat. Saya suka berinteraksi dengan orang lain, membangun kerjasama dengan orang lain dan juga saya suka belajar tentang pengalaman baru.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Campaign Berkain Bersama sebagai Bentuk Diplomasi Budaya Indonesia

23 Mei 2022   18:21 Diperbarui: 23 Mei 2022   18:30 325 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Potret Tara Basro, Eva Celia, Aurora Amanda, dan Arawinda bersama menggunakan kain Nusantara | Sumber: instagram/

remajanusantara_

Challenge Berkain Bersama menjadi trend fashion sejak beberapa waktu yang lalu hingga kini. Masyarakat khususnya kalangan anak muda ikut serta dalam trend ini dengan menggunakan kain nusantara seperti batik, tenun, ulos dan kain lain dengan corak-corak khas Indonesia. 

Anak-anak muda menggunakan kain tersebut sebagai pelengkap outfit harian mereka. Challenge yang viral ini ramai diikuti di platform Instagram dan TikTok dengan tagar #berkainbersama , #indonesiaberkain dan  #berkaingembira. 

Era Globalisasi hadir memberikan dampak positif bagi hubungan antar satu individu dengan individu lainnya yang semakin terhubung. Selain itu, globalisasi memicu perkembangan digitalisasi yang semakin pesat hampir ke seluruh dunia. 

Di tengah perkembangan era digital, dimana masyarakat di seluruh dunia dengan mudahnya dapat mengakses informasi melalui internet, challenge Berkain Bersama ini dapat dijadikan strategi diplomasi budaya Indonesia. 

Yura Yunita Dibalut dengan Kain Nusantara yang Sudah Dimodifikasi | Sumber: instagram/swaragembira
Yura Yunita Dibalut dengan Kain Nusantara yang Sudah Dimodifikasi | Sumber: instagram/swaragembira

Gerakan Berkain Bersama menjadi salah satu bentuk soft power diplomacy negara dalam menunjukan identitas bangsa serta kebudayaan asli Indonesia. 

Diplomasi Budaya sendiri dapat diartikan sebagai usaha suatu negara untuk memperjuangkan kepentingan nasionalnya melalui dimensi kebudayaan, baik secara mikro seperti pendidikan, ilmu pengetahuan, olahraga dan kesenian, maupun secara makro sesuai dengan ciri khas utama contohnya propaganda dan lain-lain. 

Dewasa ini, budaya merupakan isu yang cukup diperhitungkan dalam hubungan internasional. Hal ini dikarenakan pada orientasi dasarnya, budaya adalah cerminan serta gambaran atas jati diri dan ciri khas suatu bangsa, serta merupakan alat yang lebih efektif untuk mencapai kepentingan nasional. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan