Pengertian Room Attendant dan Tugas nya
Arti Room Attendant dan Tugasnya
Halo saya Aurel Maharani penerima beasiswa STPTrisakti ,
Pengertian Room Attendant Produk-produk hotel yang banyak memberikan pendapatan bagi hotel adalah kamar, makanan, minuman dan telepon. Dari keempat sumber pendapatan tersebut kamar merupakan sumber pendapatan yang paling tinggi.Â
Penjualan kamar selalu menghasilkan setengah dari pendapatan rata-rata hotel, pendapatan lainnya di dapat dari total pendapatan makanan, minuman dan telepon. Hotel sebagai sarana akomodasi harus dapat memuaskan tamu-tamu yang menginap di hotel tersebut, terutama kepuasan dalam pelayanan dan kondisi kamar yang bersih, aman dan nyaman.Â
Untuk mencapai kondisi tersebut maka peran housekeeping department sangat penting. Dan untuk pelaksanaan kebersihan di kamar tamu dikerjakan oleh room attendant. Adapun tugas pokok seorang room attendant adalah secara rutin melakukan pekerjaan membersihkan kamar dan melakukan pelayanan kamar dan kamar mandi. Seperti yang diungkapkan oleh David A.C. Gee dalam bukunya Hotel and Institusional Housekeeping menyebutkan sebagai berikut: "The Room Maid or Room Boy carries out of the daily and periodic cleaning maintenance of guest bedrooms, private suites and servicing of private bathroom". Dari kalimat diatas dapat diartikan secara bebas sebagai berikut: Seorang Room Attendant atau Room Boy bertanggung jawab atas kebersihan serta pemeliharaan kamar tamu secara harian maupun berkala termasuk kebersihan kamar mandinya.Â
Sedangkan pengertian Room Attandant atau Room Boy menurut Rumekso. dalam bukunya Housekeeping Hotel, (2001 : ) yaitu: "Petugas yang bertanggung jawab menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan, kenyamanan dan kelengkapan kamar-kamar tamu".
Tugas Room Attendant
Di dalam menjalankan tugas sehari-hari, room attendant harus mengadakan persiapan-persiapan yang lebih dikenal dengan "Preparation Before Starting a Job" Persiapan ini dilakukan oleh room attendant dengan tujuan mencegah pemborosan waktu dan tenaga. Hal ini dapat dilihat dari persiapan trolley/cart room attendant. Persiapan yang kurang baik akan mempengaruhi pelaksanaan pembersihan kamar, dimana nantinya room attendant akan bolak-balik ke pantry/floor station untuk mengambil linen atau supplies yang kurang, keadaan seperti ini tentu saja memboroskan waktu dan tenaga. Persiapan kerja yang baik dapat mencegah pemborosan waktu dan tenaga serta memungkinkan room attendant untuk bekerja dengan tenang.
Secara umum persiapan yang harus dilakukan sebelum mulai bekerja, adalah:
-Melapor ke Housekeeping Office untuk absensi dengan cara menandatangani sign in book', sekaligus untuk mengetahui di floor/lantai berapa room attendant tersebut bertugas pada hari itu.