Mohon tunggu...
Muda

Mengajar Sambil Menjelajah Indonesia

6 September 2015   20:31 Diperbarui: 6 September 2015   20:48 0 7 6 Mohon Tunggu...

Siapa yang tak suka dengan traveling ? Pasti kita semua suka dengan kegiatan ini. Traveling bisa membuat kita menjadi santai dan rileks kembali. Tetapi traveling yang satu ini berbeda dengan kegiatan traveling lainnya. Traveling & teaching, merupakan kata yang tepat untuk kegiatan komunitas yang satu ini. berbeda dengan komunitas traveling lainnya yang hanya menjelajah dan mengeksplore keindahan alam Indonesia. Komunitas ini memang mengajak kita untuk traveling berkeliling suatu daerah akan tetapi , dalam kegiatan ini disisipkan pula kegiatan pengamalan dalam pembangunan negeri dalam konteks pendidikan.

Komunitas 1000 Guru namanya, komunitas yang mengedepankan pendidikan untuk anak-anak pedalaman dan perbatasan negeri ini. Dibentuk pada 22 Agustus 2012 oleh Jemi Ngadiono, pada awalnya 1000 Guru adalah akun inspirasi dengan memberitakan keadaan realita pendidikan di pedalaman pelosok negeri melalui media social, namun kini berkembang dengan melakukan aksi sosial nyata dengan turun langsung membantu pendidikan anak-anak pedalaman negeri. 1000 Guru ini memiliki 2 aksi yaitu : Beasiswa guru pedalaman yang merupakan beasiswa untuk guru-guru lokal yang berdedikasi tinggi namun hanya lulusan SMA dan Sederajat. dan yang kedua ialah, Traveling & Teaching. Komunitas ini sudah banyak ada di beberapa daerah contohnya saja Lampung, Bali, Jakarta, Palembang, Yogyakarta dan banyak lagi.

Mereka yang ikut bergabung dalam komunitas ini berasal dari berbagai macam usia dan latar belakang. Para relawan ini selain traveling tetapi juga berperan sebagai guru. Mereka membantu anak-anak disekolah pedalaman suatu daerah. Para relawan guru ini mengajarkan membaca, menghitung, menggambar serta mengajak bermain para anak-anak didik mereka. Murid-murid sekolah pedalaman ini sangat kekurangan dalam hal pendidikan contohnya saja guru, buku, bahkan bangunan sekolah mereka yang terkadang tidak layak pakai.

1000 Guru ini mengajak para pemuda bangsa untuk ikut ambil bagian dalam membangun pendidikan negeri. Para relawan ini tidak diberikan imbalan atau bayaran, melainkan mereka mamberikan bantuan kepada anak-anak pedalaman dan perbatasan. Mereka melakukan semua ini dengan niat yang tulus dan cinta kasih untuk membantu.

Adapun beberapa syarat untuk dapat ikut ambil bagian dalam komunitas Seribu Guru ini :

1. Peduli pendidikan dan cinta anak-anak.

2. Fisik yang kuat, dan bisa tinggal beberapa hari dipedalaman.

3. Biaya akomodasi dan transportasi ditanggung peserta.

4. Sehat lahir batin.

5. Terbuka untuk semua kalangan dan profesi.

6. Umur 17 - 35 tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x