Mohon tunggu...
Rimanda Siti Aura
Rimanda Siti Aura Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa Program Studi komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Manfaat Belajar Bahasa Asing

6 November 2022   18:04 Diperbarui: 6 November 2022   18:10 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa dapat menjadi jembatan untuk menguasai dunia. Dengan mempelajari berbagai bahasa asing, maka kita akan mengenal luasnya dunia. Tetapi masih ada yang menganggap mempelajari bahasa ini tidak penting. Padahal kita tidak bisa memungkiri bahwa zaman semakin maju, banyak sekali perubahan yang mau tak mau kita harus siap menerimanya. 

Seperti banyaknya imigran yang masuk ke Indonesia, baik untuk bekerja ataupun hanya untuk liburan yang memaksa kita untuk berkomunikasi dengan mereka. Ditambah lagi di era modern seperti ini, bursa kerja memasuki dunia global dan menjadikan kemampuan berbahasa asing sebagai nilai tambah tersendiri. Maka dari itu banyak sekali orang yang berlomba -- lomba mempelajari bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Mandarin, Korea, Arab, dan lain-lain.

Bahasa Apa Saja Yang Harus Kita Pelajari?

Ada ratusan ribu bahkan jutaan bahasa yang digunakan oleh manusia di seluruh penjuru dunia untuk melakukan proses komunikasi. Namun, jika dilihat dari fungsinya maka kita akan menemukan beberapa bahasa asing yang dapat kita pelajari dikarenakan bahasa tersebut merupakan bahasa yang sering digunakan dalam dunia Internasional. Karena semua bahasa ada manfaatnya masing -- masing dan sesuai kebutuhan. 

Namun beberapa bahasa yang cukup dikenal oleh masyarakat yaitu Bahasa Inggris, Mandarin, Korea, Arab. Karena bahasa tersebut memiliki keistimewaan tersendiri. 

Pertama adalah Bahasa Inggris dengan julukannya sebagai lingua franca atau bahasa yang dipakai agar pihak yang berbeda -- beda memahami bahasa tersebut. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang biasa kita temui di penjuru dunia, bahkan bahasa ini pun digunakan sebagai penutur oleh sepertiga penduduk dunia.

Kedua adalah Bahasa Mandarin, karena China memiliki peran yang sangat besar dalam perekonomian. Dengan harta kekayaan alamnya yang melimpah serta populasi penduduk terbanyak, membuat penduduk China ini merantau dan memunculkan berbagai komunitas di dunia. Sehingga pertumbuhan Bahasa Mandarin semakin pesat. Bahasa Mandarin juga menjadi salah satu bahasa yang digunakan oleh seperempat penduduk dunia.

Ketiga, bahasa korea. Bahasa yang sedang digandrungi oleh kaum millennial. Dengan beberapa film, variety show, dan musik. Membuat kaum millennial berusaha mempelajari bahasa tersebut agar mereka bisa lebih memahami apa yang sedang di nikmatinya.

Keempat, Bahasa Arab. Bahasa yang sangat istimewa bagi umat muslim. Karena pentingnya mempelajari Bahasa Arab ini sudah termaktub dalam surat -- surat dalam Al-Qur'an. Selain dalam Bahasa Al-Qur'an, dzikir atau do'a umat muslim, Bahasa Arab ini seringkali dipakai untuk beberapa kitab -- kitab islami seperti tafsir, tasawuf, hadits dan sebagainya.

Kenapa Bahasa Asing Penting?

Jika kita sudah menguasai beberapa bahasa di dunia ini, rasa percaya diri kita akan semakin bertambah. Karena pasalnya pada saat ini bahasa asing menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun