Mohon tunggu...
aura aulia dewiku
aura aulia dewiku Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa hubungan internasional

tertarik dengan diplomasi dan isu-isu internasional

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Langkah Indonesia dalam Mengatasi Konflik Palestina-Israel

24 September 2022   00:37 Diperbarui: 24 September 2022   00:40 30 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Palestina merupakan salah satu negara islam yang terletak di kawasan Asia, Palestina termasuk salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia selain Mesir. Hubungan diplomasi antara kedua negara ini telah terjalin cukup lama, Indonesia sendiri ikut turut serta berperan dalam mengatasi konflik yang terjadi antara Palestina dan Israel. Latar Belakang konflik ini bermula disebabkan  oleh munculnya zionisme yang ingin menjadikan wilayah Palestina sebagai wilayah kedaulatan mereka, pengertian zionisme sendiri adalah gerakan yang dilakukan orang-orang israel demi mendapatkan kekuasaan penuh terhadap Palestina.

Banyaknya pengungsi Yahudi yang datang ke wilayah Palestina membawa sebuah kesengsaraan bagi rakyat Palestina sendiri, dan mereka mengklaim wilayah tersebut menjadi sebuah kedaulatan negara Israel. Salah satu upaya liga arab dalam membantu mengatasi konflik ini dengan membentuk organisasi yang mendukung kebebasan kedaulatan Palestina yaitu Palestinian Liberation Organization atau biasa disingkat PLO. Israel  yang memperluas wilayahnya menimbulkan kekhawatiran bagi stabilitas kawasan sekitar, maka dari tiu PBB pun ikut seta turun tangan membantu menyuruh Israel untuk menarik pasukannya mundur. Kekuatan Israel semakin bertambah kuat dengan adanya pengaruh dan dukungan dari Amerika Serikat.

Indonesia berperan penting dalam penanganan konflik Palestina-Israel. Hal ini disebabkan latar belakang Negara Indonesia yang sama dengan Palestina yang merupakan negara yang mayoritasnya islam dan sesama negara jajahan. Indonesia sendiri sangat menentang segala bentuk penjajahan dan perlakuan keras yang terjadi, maka dari itu Indonesia ikut memperjuangkan hak kemerdekaan Palestina di lingkup Internasional. Indonesia juga menyuarakan dukungannya terhadap palestina dalam konferensi Asia- Afrika dan juga tidak membuka adanya peluang kerjasama dengan Israel, hingga Israel dapat mengakui kemerdekaan Palestina. selain itu, Indonesia berusaha menyadarkan semua pihak atas terjadinya pelanggaran HAM yang telah dilakukan oleh Israel terhadap Palestina dan pentingnya sebuah perdamaian. Bantuan berupa material pun juga diberikan oleh pemerintahan Indonesia kepada Palestina.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan