Mohon tunggu...
auraayupermadani
auraayupermadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Semoga bermanfaat

Apapun yang diniatkan dengan ibadah, maka apapun takkan ada yang si-sia:)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pluralisme

18 November 2021   08:53 Diperbarui: 18 November 2021   09:05 56 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pluralisme dapat kita lihat saat ini bahwa pada dasarnya globalisasi mempengaruhi semua yang ada didunia, hal tersebut dapat menyakut sosial budaya, politik ekonomi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tidak dapat kita hindari bahwa berbagai perbedaan dalam sebuah masyarakat maupun negara itu pasti ada. Dan tentunya itu adalah sebuah tantangan yang nyata bagi manusia untuk menhadapi keberagaman yang ada, baik dalam budaya, agama, etnis, dan lain-lain.

Dalam pembahasan ini bisa kita sebut bahwa pluralisme merupakan kesediaan untuk menerima keberagaman yang ada, bisa disebut juga bahwa pluralisme artinya hidup yang secara toleran pada tatanan masyarakat yang berbeda baik dari sukunya, agama, adat, dan lain-lain.

Dalam berbagai perbedaan, cara pandang terhadap pluralisme merupakan suatu yang sangat penting didalam kehidupan bermasyarakat. Tapi tak jarang pula cara pandang terhadap pluralisme menjadi sorotan dan menimbulkan sikap tertentu, baik keterbukaan, ketertutupan, dan lain-lain.

Indonesia memang pada dasarnya merupakan negara yang mempunyai keberagaman, itupun tidak bisa kita pungkiri, dan diantara keberagaman yang kita miliki adalah agama. 

Agama merupakan salah satu aspek yang sering kali dibicarakan karena didalam nilai-nilai yang terkandung didalam agama tersebut dan agama juga memiliki pengaruh dalam cara berelasi orang-rang yang beragama. 

Disini pluraslisme dalam hal menganut agama atau kepercayaan yang berbeda-beda, pluralisme agama bukan lah yang mengharuskan saling menjatuhkan, merendahkan dan mencampuradukkan agama yang satu dengan yang lain, tetapi justru yang saling mengingatkan akan kebaikan, saling menghormati, dan bekerja sama.

Adapun contoh pluralisme yang ada di Indonesia

Pluralisme agama

Indonesia merupakan sebuah ngera yang besar. Di juga memiliki berbagai keragaman, salah satunya adalah agama. agama yang dianut di Indonesia diantaranya, islam, kristen, hindu, budha, katolik, dan konghucu. Di Indonesia setiap warga negaranya bebas untuk menganut agama yang dipercainya. Di indonesia juga tidak ada paksaan dalam menjalankan ajaran yang dianutnya. Dengan begitu, pluralisme dapat kita lihat dari tempat ibadahnya, cara ibadahnya, dan tradisi yang ada disetiap agama.

Pluralisme budaya

Budaya dapat diartikan sebagai pikiran, adat istiadat, dan sesuatu yang sudah menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan kelompok masyarakat. Sepertihalnya agama, indonesia juga memiliki banyak keragaman akan budayanya. Indonesia memiliki 34 provinsi dan setiap provinsi memiliki ciri khas akan kebudayaanya. Setiap kelompok masyarakat di indonesia memiliki ciri khas budaya, di mana hal tersebt dipengaruhi oleh peredaan geografis, kondisi alam indonesia, dan perbedaan agama atau kepercayaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan