Mohon tunggu...
Aulya Salsabila
Aulya Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN Pekalongan

Mahasiswa IAIN Pekalongan

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Islam

14 Mei 2021   18:14 Diperbarui: 14 Mei 2021   18:37 117 2 0 Mohon Tunggu...

Tahukah kamu apa itu filsafat Islam?

Filsafat Islam adalah salah satu cabang filsafat yang khusus mengkaji tentang agama Islam yang berhubungan tentang kehidupan, alam semesta, etika, moralitas, pengetahuan, pemikiran, dan gagasan politik yang dilakukan di dalam dunia Islam atau peradaban umat Muslim dan berhubungan dengan ajaran-ajaran Islam. 

Dalam Islam, ilmu filsafat ini disebut dengan ilmu mantiq (merujuk pada kajian ideologi keagamaan) dan ilmu kalam (merujuk pada kajian teologi keagamaan). 

Filsafat yang merupakan sumber pemikiran ilmiah Yunani hanya di dasarkan pada hipotesis-hipotesis dan pendapat-pendapat, sedangkan ilmu-ilmu Islam mendasarkan penyelidikan mereka atas dasar pengamatan dan percobaan.

Pada dasarnya, filsafat Islam berasal dari filsafat Yunani yang di Islamisasikan dan pada akhirnya melahirkan satu corak filsafat baru yang kini dikenal sebagai filsafat Islam. 

Filsafat masuk ke dalam Islam melalui filsafat Yunani yang dijumpai kaum Muslimin pada abad ke-8 Masehi atau abad ke-2 Hijriah di Suriah, Mesopotamia, Persia, dan Mesir. 

Para filsuf Muslim di zaman klasik Islam dikenal sangat menghargai pemikiran dari tradisi filsafat Yunani sejauh tidak bertentangan dengan ajaran pokok Islam. 

Pada awalnya filsuf-filsuf muslim klasik menggali karya filsafat Yunani seperti Plato, Aristoteles, Pitagoras, Demokritos dan Plotinus, yang kemudian disesuaikan dengan ajaran atau syari’ah Islam.

Ada sejumlah perbedaan besar antara filsafat Islam dengan filsafat lain. Pertama, meski semula filsuf-filsuf muslim klasik menggali kembali karya filsafat Yunani terutama Aristoteles dan Plotinus, namun kemudian menyesuaikannya dengan ajaran Islam. Kedua, Islam adalah agama tauhid. 

Maka, bila dalam filsafat lain masih ‘mencari Tuhan’, dalam filsafat Islam justru Tuhan ‘sudah ditemukan, dalam arti bukan berarti sudah usang dan tidak dibahas lagi, namun filsuf islam lebih memusatkan perhatiannya kepada manusia dan alam, karena sebagaimana kita ketahui, pembahasan Tuhan hanya menjadi sebuah pembahasan yang tak pernah ada finalnya.

Dari segi bahasa, filsafat berasal dari bahasa Yunani, yaitu gabungan dari kata Philo yang artinya Cinta, dan Sophia yang artinya kebijaksanaan, ataupengetahuan yang mendalam. Jadi dilihat dari akar katanya, Filsafat mengandung arti ingin tahu dengan mendalam atau cinta kepada kebijaksanaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN