Mohon tunggu...
Aul
Aul Mohon Tunggu... Pekerja Ibu Kota

Menyukai kehidupan urban dan suka mempelajari sejarah

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Wisata Hemat ke Singapura, Gunakan Tiket "Singapore Tourist Pass"

15 November 2017   11:54 Diperbarui: 20 November 2017   10:51 3583 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wisata Hemat ke Singapura, Gunakan Tiket "Singapore Tourist Pass"
Marina Bay, Singapura. (Dokumentasi Pribadi)

Kini Plesir ke Singapura tidak lagi identik dengan kemewahan. Negara Merlion ini bahkan menjadi tujuan utama para backpacker dari Indonesia yang baru pertama kali ke luar negeri. Meski biaya hidup di sana terbilang mahal, anda dapat menekan biaya pengeluaran transportasi dengan membeli kartu Singapore Tourist Pass.

Singapore Tourist Pass adalah kartu multi trip untuk kalangan turis yang berlibur dalam jangka waktu 1-3 hari untuk menggunakan segala jenis transportasi seperti MRT, LRT dan Bus secara tidak terbatas. Dengan kartu ini, kita bisa keliling Singapura secara bebas tanpa dipusingkan memikirkan besaran tarif setiap menggunakan transportasi.

Dengan Singapore Tourist Pass, Anda bisa mengeksplor negara ini layaknya penduduk lokal. (Dokumentasi Pribadi)
Dengan Singapore Tourist Pass, Anda bisa mengeksplor negara ini layaknya penduduk lokal. (Dokumentasi Pribadi)
Untuk mendapatkan Kartu ini anda bisa membelinya stasiun MRT bandara Changi. Loket penjualan (Transitlink Ticket Office) berada di stasiun MRT Changi yang terletak di terminal 2, buka pada pukul 08:00 -- 16:00 dan 17:00 -- 21:00 setiap harinya. Jika anda datang dari Johor Bahru, Malaysia, kartu ini bisa dibeli di stasiun MRT Kranji.

Terdapat tiga pilihan harga, SGD 20 untuk satu hari, SGD 26 untuk dua hari, dan SGD 30 untuk tiga hari. Harga tersebut sudah termasuk deposit  kartu sebesar SGD 10 yang dapat dikembalikan pada akhir pemakaian.

Kalau anda berencana mengunjungi banyak lokasi di Singapura, dengan menggunakan Singapore Tourist Pass pastinya lebih hemat ketimbang anda membeli kartu sekali jalan. Belum lagi ketika anda harus menggunakan bus, tarifnya pun tergantung jarak dan anda harus menyiapkan uang pas karena supir tidak menyediakan uang kembalian.

Baca juga: Keliling Singapura dengan MRT dan Bus? Ini yang Harus Kamu Pahami

Anda juga tidak perlu membuang waktu untuk membeli tiket setiap menggunakan MRT. Cukup tap indan tap out sesuka hati tanpa perlu membayar lagi. Sebanyak apapun anda menggunakannya, bahkan untuk jarak stasiun terjauh pun tidak masalah selama tidak melewati batas waktu kartu.

Kartu ini bisa dikembalikan di stasiun Changi, Kranji, Lavender, Dhoby Ghaut, dan Marina South Pier untuk mengambil uang deposit sebesar SGD 10 hingga 5 hari setelah tanggal pembelian kartu.

Loket pengembalian kartu di stasiun Kranji. (dokumentasi pribadi)
Loket pengembalian kartu di stasiun Kranji. (dokumentasi pribadi)
Kalau anda tidak mengembalikan pun tidak masalah, karena kartu ini menjadi milik anda dan otomatis menjadi EZ-Link Card layaknya kartu multi trip yang bisa diisi ulang dan bisa anda gunakan kembali hingga 5 tahun ke depan. Hanya saja deposit sebesar SGD 10 tidak dapat ditarik. 

*Artikel ini juga tertuang dalam Rayapos.com

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x