Mohon tunggu...
RIFQI AULIYANURMADIANA
RIFQI AULIYANURMADIANA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Psycho ²¹

Impossible or possible

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Overthinking Topik yang Masih Menjadi Favorit di Kalangan Masyarakat

28 September 2021   18:26 Diperbarui: 29 September 2021   06:12 130 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Overthinking Topik yang Masih Menjadi Favorit di Kalangan Masyarakat
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Hi everyone, gimana nih kabar kalian aku harap kalian sehat-sehat yaa. Oh iya kali ini aku akan membahas tentang overthingking nih semoga membantu kalian ya biar gak overthingking mulu. Kebanyakan dari kalian pasti punya pikiran "aku pengen banget ngelakuin hal ini tapi kok takut salah ya".

Hal ini sering banget terjadi di semua orang termasuk saya, biasanya terlintas pikiran itu disaat lagi melamun atau ditempat yang jauh dari keramaian ya bisa juga dikatakan sunyi. Pastinya otak kita membayangkan asumsi negatif yang sebenarnya belum tentu itu terjadi.  Saya ataupun kalian juga kerap mengkhawatirkan sesuatu yang kita lakukan akan berdampak buruk ke orang lain contohnya kepada teman yang kemarin kita ajak ngobrol, akankah dia sakit hati dengan perkataan yang kita ucap kemarin atau justru kita yang bakal di judge orang lain karena mungkin baju yang kita kenakan atau hal lainnya yang mereka anggap tidak cocok untuk kita.

Hehehe don't worry you're not alone guys because this happens in my life too, but don't weak because other people's words actually make it a race for us to be better in the future.

Kalian tau gak apa itu OVERTHINKING? Apa sih akibat kalau kita terlalu overthinking? Apakah overthinking itu hal yang wajar? Dan apa sih tips buat kita agar gak terlalu overthinking lagi?

Nihh aku jelasin ya teman-teman apa sih overthinking itu? Jadi overthinking yang berasal dari kata "over" dan "thinking" yang artinya berpikir secara berlebihan atau suatu moment dimana kita larut dalam pikiran otak kita sendiri yang menghasilkan suatu kecemasan dan kekhawatiran pada diri kita. Guys sadar gak sadar ternyata overthinking ini menguras tenaga, dan waktu kita lo serta dapat membawa kita pada kondisi tidak produktif wih ngeri gak tuh semoga kita jangan seperti itu ya. Hal ini ternyata dapat menjadi gejala kronis juga, misal nih ANXIETY DISORDER jika kemudian overthinking ini dapat membuat kalian atau saya berpikir jauh dari realita karena begitu larut dalam pikiran kita sendiri.

Untuk penyebab overthinking sendiri biasanya bermacam-macam, umumnya overthinking terjadi ketika seseorang sedang mempertimbangkan suatu keputusan ya bisa dikatakan dilema, mencoba memahami tindakan atau keputusan dari orang lain, mencoba berangan-angan tentang masa depan, atau biasanyan flashback tentang masa lalu dan lain-lain. Jika ditanya overthinking itu hal yang wajar gak sih? Jadi, overthinking tu hal yang normal ya guys tapi ketika orang itu terus menerus overthinking justru berakibat buruk terhadap diri kalian sendiri. Dampak buruknya adalah:

Merusak komponen otak

Dimana merangsang keluarnya hormone kortisol pada tubuh karena, kita pasti memikirkan suatu hal terus-menerus dan dalam durasi lama berpotensi merusak bagian otak yang berhubungan dengan emosi dan memori. Hormon kortisol ini berpotensi merusak sel yang ada di otak kita.

Berpotensi merusak organ jantung

Kekhawatiran dan ruminasi yang berlebih dapat beresiko pemicu sakit jantung. Penyakit akibat stress atau overthinking yang bisa terjadi adalah sakit dada,takikardia, hingga sakit kepala ringan.

Merusak kesehatan kulit

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan