Mohon tunggu...
Aulia Audina
Aulia Audina Mohon Tunggu... Mahasiswi

A storyteller. A lifelong learner. An experiences seeker. https://www.linkedin.com/in/aulia-audina/

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Prolog Kuliah Komunikasi #KUKO

24 Juni 2020   21:06 Diperbarui: 24 Juni 2020   21:31 47 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Prolog Kuliah Komunikasi #KUKO
diolah dari canva.com | dokumen pribadi

Hi!

Kuliah komunikasi itu ngapain aja sih? Bikin video ya? Update status medsos? Terus habis kuliah komunikasi lulusannya jadi apa?

Well, itu pertanyaan saya ketika memutuskan mendaftar kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman. Saya yang waktu itu masih kelas 2 SMA melakukan riset kecil - kecilan dengan browsing di internet dan 'tidak sengaja' menemukan blog seorang kakak tingkat yang juga kuliah di sana. 

Dia membagikan pengalaman kuliahnya cukup lengkap meskipun tidak detail. Sayangnya blog punya kakak tingkat itu sudah tidak aktif lagi. Entah kemana. Saya tentu tidak bisa membayangkan apa jadinya jika saya tidak menemukan blog tersebut. Atau, apa jadinya jika blog itu tidak pernah ada. Bisa jadi saya tidak kuliah. Halah.

Berangkat dari cerita yang sederhana itu, saya memutuskan untuk meninggalkan jejak digital mengenai dunia perkuliahan di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman. Mungkin sudah saatnya saya menjadi 'kakak tingkat' itu. 

Dalam serial KUKO (Kuliah Komunikasi), saya akan membagikan pengalaman saya berkuliah. Pengalaman saya berkuliah ini sesuai dengan urutan semester dan detail mata kuliah yang bisa dilihat dalam buku pedoman FISIP UNSOED. Bagi yang mau baca silahkan klik link ini. Langsung saja buka halaman 76 sampai dengan 93 untuk melihat jurusan ilmu komunikasi.

Lalu, bukannya dengan membaca buku pedoman sudah cukup ya? Oh tentu tidak ferguso.

Selain memberikan detail teknis tentang mata kuliah yang telah saya jalani, saya juga akan memberikan sentuhan personal di dalamnya dan tentunya saya akan membagikan portofolio berupa tugas yang saya kerjakan pada mata kuliah tersebut (jika masih ada filenya). Mungkin saya akan me- mention beberapa nama, baik nama teman maupun dosen kelak. Entahlah. Liat sikon juga. Saya takut kena UU ITE kalau sembarangan me-mention  nama tanpa ijin.

Ya sudah, segini dulu prolognya. Sampai jumpa di KUKO selanjutnya!

***

Hey, thank you for reading my post! If you like what I write you can share it on your social media. And you can check me out here too:
LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/aulia-audina/
Kompasiana: https://www.kompasiana.com/auliaxaudina
Medium: https://medium.com/@auliaxaudina
SlideShare: https://www.slideshare.net/AuliaAudina
Academia: http://independent.academia.edu/AuliaAudina
Good Reads: goodreads.com/auliaxaudina
Instagram: https://www.instagram.com/auliaxaudina/
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCwssarf4jhhCTWAa8A08rtA?view_as=subscriber&sub_confirmation=1

VIDEO PILIHAN