Mohon tunggu...
Aulia Vidia Sasmitaratri
Aulia Vidia Sasmitaratri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

2 : 286 • Be thankful, be respectful, be joyful | I am a learner with library science background and interested in topics about libraries, literacy, books, and information repackaging. | linktr.ee/auliavs

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Persiapan Materi Pembelajaran oleh Guru melalui Media Daring

14 September 2021   19:00 Diperbarui: 14 September 2021   19:06 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahan pembelajaran/dokpri

Informasi menjadi sebuah aspek dalam kehidupan yang sangat melekat dan tidak pernah terpisahkan bagi manusia. Kebutuhan informasi terus bertambah setiap harinya. 

Rasa keingintahuan manusia yang tinggi menjadikan informasi selalu dibutuhkan. Kebutuhan informasi juga dimiliki setiap profesi. Salah satunya ialah profesi guru yang berperan sebagai tenaga pendidik bagi para muridnya. Guru menjadi pahlawan yang mencerdaskan jiwa-jiwa muda yang kelak akan menjadi penerus bangsa dan dunia. Guru di setiap jenjang pendidikan tentu membutuhkan informasi.

Informasi yang dibutuhkan oleh seorang guru digunakan mereka untuk menyiapkan materi yang nantinya digunakan sebagai bahan pembelajaran. Melalui materi yang disajikan telah tersusun dari informasi-informasi yang dapat meningkatkan kemampuan serta mencerdaskan para murid. 

Dalam memenuhi kebutuhan informasinya, seorang guru tentu dapat memanfaatkan media-media yang telah disediakan. Media tersebut mendukung guru dalam mencari dan memenuhi informasi yang mereka miliki. Persiapan materi pembelajaran dapat dilakukan dengan informasi dari berbagai media yang menjadi sumber informasi bagi para guru.

Saat ini para guru dapat memenuhi kebutuhan informasinya untuk menyiapkan materi pembelajaran dengan media daring. Melalui media daring guru dapat memanfaatkan artikel ilmiah, buku dalam perpustakaan digital, dan video yang dapat ditemukan pada platform YouTube. 

Adanya video yang diunggah melalui platform YouTube tidak hanya berguna dalam menghibur perasaan, tetapi juga sebagai bahan edukasi bagi para penontonnya. 

Para guru juga dapat menjadikan video yang mereka tonton sebagai inovasi dalam mengajar bagi muridnya serta melatih kreativitas untuk berkarya menciptakan video yang menarik dan apik.

Materi pembelajaran pada YouTube/dokpri
Materi pembelajaran pada YouTube/dokpri

Media berikutnya berupa perpustakaan digital yang saat ini dapat diakses oleh para guru. Perpustakaan digital tersebut berbentuk aplikasi yang dapat diunduh dan diakses dengan mudah tanpa perlu berkunjung secara langsung ke perpustakaan. 

Contoh perpustakaan digital yang tersedia berupa iPusnas yang dibuat oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia maupun Eperpusdikbud yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudyaaan. Melalui iPusnas telah tersedia beragam buku paket dalam bentuk elektronik maupun referensi buku lainnya yang sesuai dengan kebutuhan informasi para guru.

Materi pembelajaran pada iPusnas/dokpri
Materi pembelajaran pada iPusnas/dokpri

Selain itu, media yang dapat digunakan juga dapat melalui situs yang disediakan oleh Kemendikbud melalui Kemdikbud. Pada tautan tersebut para guru dapat mengakses beragam materi untuk dijadikan bahan pembelajaran. Materi yang tersedia pada situs tersebut terbagi ke dalam bentuk video, teks, serta audio. 

Selain itu, juga dapat ditemukan menu yang mampu menyesuaikan kebutuhan informasi para guru dalam mendapatkan dan memenuhi kebutuhan informasinya. Tentu adanya situs tersebut sangat memudahkan dan berguna bagi guru dalam menyiapkan apa yang mereka butuhkan untuk mengajar.

Materi pembelajaran pada situs Kemendikbud/dokpri
Materi pembelajaran pada situs Kemendikbud/dokpri

Adanya media daring dapat mendukung para guru dalam menemukan sumber informasi yang berguna untuk memenuhi kebutuhan informasinya saat mempersiapkan bahan pembelajaran. 

Namun, proses penemuan informasi yang sesuai dengan kebutuhannya perlu dibarengi dengan kemampuan menemukan informasi yang baik juga. Pertama, para guru telah mengetahui informasi yang mereka butuhkan sehingga dapat menentukan kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan informasi mereka.

Berikutnya adalah mampu menyeleksi informasi yang memang sesuai dengan yang mereka butuhkan. Jika tidak, maka proses penemuan informasi yang sesuai dengan kebutuhannya menjadi tidak efisien. 

Kemudian, para guru dapat menggunakan informasi yang sesuai dengan kebutuhannya dalam menyiapkan bahan pembelajaran. Melalui bahan pembelajaran dengan persiapan yang matang tentu dapat menjadi ilmu bagi para murid dalam menggapai cita-cita mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun