Mohon tunggu...
Aulia Ullul
Aulia Ullul Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Fisika UNS

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Edukasi Menghadapi Covid-19, Mengajak Masyarakat Menerapkan Hidup Sehat di Tengah Pandemi

5 Juli 2020   07:17 Diperbarui: 5 Juli 2020   07:34 35 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Edukasi Menghadapi Covid-19, Mengajak Masyarakat Menerapkan Hidup Sehat di Tengah Pandemi
Foto edukasi pola hidup sehat untuk menghadapi Covid-19

Pendidikan adalah salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, yaitu dengan membentuk pemahaman yang benar terkait Covid-19 dan dukungan kepada masyarakat untuk menghadapi pandemi ini. 

Melalui program KKN Universitas Sebelas Maret Surakarta, telah dilaksanakan edukasi dalam menghadapi Covid-19 di Dukuh Jimbar RT 03/RW 05, Desa Guworejo, Kabupaten Sragen. KKN yang dilaksanakan pada rentang waktu bulan Mei-Juni 2020 ini mengusung berbagai program sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Program KKN ini dilaksanakan oleh Fitria Dwi Fatmawati dengan bimbingan secara daring oleh Bapak Dr. Ir. Yudi Rinanto, M.P sebagai  dosen pembimbing lapangan dan melalui koordinasi pengurus RT setempat.

Meskipun warga sudah mengetahui tentang Covid-19, namun support dan perhatian agar dapat menerapkan anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 tetap perlu dilakukan.

Metode edukasi pada KKN ini dilakukan dengan tetap menjaga physical distancing untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19, yang terpenting pesan tetap bisa tersampaikan dengan baik.

Salah satu cara edukasi dalam mensuport pemahaman warga dalam menghadapi Covid-19 adalah melalui poster dengan berbagai desain yang menarik. Sehingga tidak hanya  ditujukan untuk orang dewasa, namun juga untuk anak-anak dengan bimbingan orangtua.

Program edukasi yang diberikan untuk warga meliputi : cara mencegah panularan Covid-19, cara pembuatan masker kain secara mandiri, hingga ajakan kepada warga untuk menanam sayuran di pekarangan rumah. Kegiatan ini didukung dengan pemberian masker kepada warga hingga penyediaan handsanitizer di pos-pos yang banyak disinggahi warga.

 Melalui program KKN ini antusias warga untuk memahami pentingnya menjaga kesehatan dari Covid-19 semakin tampak.

VIDEO PILIHAN