Mohon tunggu...
Aulia Ullul
Aulia Ullul Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Fisika UNS

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Manfaatkan Teknologi, Mahasiswa UNS Melatih Warga untuk Meningkatkan Imun serta Pendapatan di Tengah Pandemi

30 Juni 2020   22:13 Diperbarui: 30 Juni 2020   22:19 6 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaatkan Teknologi, Mahasiswa UNS Melatih Warga untuk Meningkatkan Imun serta Pendapatan di Tengah Pandemi
Kerja sama mahasiswa KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19 dengan Kelompok Tani Maju Jaya Wonosari, Karanganyar/dok.mahasiswa

Karanganyar -- 30 Juni 2020. Pandemi yang masih merebak di Indonesia mengakibatkan banyak pekerja di rumahkan dan tidak mendapatkan pemasukan untuk hidup sehari-hari.  Melihat hal itu salah satu relawan KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19, Aulia Ullul Azmi memberikan edukasi ke warga hingga pelatihan secara online. Pelatihan ini merupakan kegiatan lanjutan dari salah satu program yang dijalankannya yaitu Pengoptimalan Lahan Pekarangan untuk Empon-Empon.

Program yang dijalankan di Dusun Wonosari, Desa Wonosari, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar ini juga dilatar belakangi oleh kondisi daerah tersebut yang subur dan merupakan kawasan konservasi dengan lahan pertanian yang cukup luas. Bahkan tak sedikit warga juga memiliki pekarangan bahkan kebun di wilayah rumah mereka. 

Namun, penggunaan lahan pekarangan dan kebun belum dimanfaatkan secara optimal. Maka, di bawah bimbingan Ir. Yudi Rinanto, M.Pd., mahasiswa Pendidikan Fisika UNS ini membuat suatu program yang dapat mengedukasi serta melatih warga untuk memanfaatkan potensi yang mereka miliki guna meningkatkan ekonomi sekaligus ikut menyukseskan upaya pencegahan COVID-19.

Program yang dijalankan bersama dengan Kelompok Tani Maju Jaya Wonosari ini dimulai dengan pembelian empon-empon berkualitas dan pembuatan brosur yang menjadi bahan utama mengedukasi warga. Dengan bantuan Kelompok Tani, pendistribusian empon-empon disisipi dengan pemberian edukasi terkait pengenalan empon-empon, manfaat, cara tanam dan cara pengolahannya. 

Kemudian, edukasi dilanjutkan dengan pelatihan cara menanam empon-empon secara online melalui youtube dan IG TV. Dari kegiatan ini diharapkan warga dapat menanam empon-empon dan mengolah hasil panennya menjadi jamu atau minuman dalam bentuk sirup maupun serbuk sehingga dapat meningkatkan nilai jualnya.

VIDEO PILIHAN