Mohon tunggu...
Aulia Rahmawati
Aulia Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

be a good human

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ragam

28 Oktober 2021   09:00 Diperbarui: 28 Oktober 2021   09:04 50 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa yang kalian ketahui tentang indonesia?Apakah itu keberagaman?Indonesia merupakan negara yang sangat beragam,keaneragaman diindonesia mulai dari ragam budaya,suku,agama,ras,hingga bahasa daerah.Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dari berbagai bidang.Keberagaman diindonesia sudah ada dalam simbol " Bhinekha Tunggal Ika" yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.Kita sebagai warga negara indonesia patutlah bersyukur dengan banyaknnya keragaman ini,sudah menjadi kewajiban kita menjaga dan melestarikan agar tetap harmonis.

Akan lebih baik jika kita semua dapat lebih mengenal tentang keanergamaan yang ada di indonesia

Ragam Suku

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan penuh keanekaragaman.Seperti yang kita ketahui suku diindonesia tersebar sangat banyak disetiap pulaunya.Suku bangsa merupakan golongan sosial yang ada di masyarakat yang digunakan sebagai pembeda suatu golongan satu dengan golongan yang lainnya.Setiap sukubangsa memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing, meski unik dan berbeda-beda mereka tetap satu Indonesia.

Ada lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa di Indonesia, atau tepatnya 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010. Suku Jawa adalah kelompok suku terbesar di Indonesia dengan jumlah mencapai 41% dari total populasi.

 Ragam Budaya

Ragam budaya yang diartiakan bahwa indonesia memiliki kebudayaan yang beragam seperti rumah adat,pakaian adat,dan tarian adat.Berbagai macam dan memiliki ciri khas dengan gaya unik masing-masing di setiap daerahnnya.Dari keunikan tersebut bahkan tidak mengurangi rasa toleransi antar daerah.

Keragaman Budaya di Indonesia

Kegiatan Upacara Adat. Upacar adat merupakan salah satu ciri khas dalam kelompok masyarakat yang memiliki unsur nilai yang tinggi,Pakaian Tradisional,Rumah Adat,Makanan Tradisional,Alat Musik dan Lagu.

Ragam Agama

Dalam pancaila sila ke-5 berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa"Bangsa Indonesia mengaku bahwa Tuhan Yang Maha Esa adalah pencipta alam semesta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan