Mohon tunggu...
Aulia Akbar Pulungan
Aulia Akbar Pulungan Mohon Tunggu... Blogger Baru Lepas

Biasa nulis apa aja yang terngiang di kepala

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Akhir dari Drama Virus Corona

1 Mei 2020   18:00 Diperbarui: 1 Mei 2020   18:10 104 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Akhir dari Drama Virus Corona
theonlinecitizen.com

Kapan Berakhirnya Virus Corona ini?

Banyak Pakar yang telah memberikan prediksinya tentang kapan berakhirnya Pandemi Virus Corona khususnya di Indonesia. Prediksi terakhir datang dari Universitas Teknologi dan Desain Singapura (SUTD) yang memprediksi penyebaran virus corona di Indonesia akan berakhir pada tanggla 6 Juni 2020 dengan indikasi 97% kasus sudah terselesaikan. 

Pihak SUTD memprediksi hal tersebut melalui data-data dari kurva siklus hidup pendemi virus tersebut pada setiap negara yang terserang. metode penelitian menggunakan model SIR (susceptible-recover-recovered) yang disegresikan dengan data dari berbagai negara. Metode penelitian tersebut mengklaim dapat memprediksi akhir dari serangan virus Corona di setiap negara.

Namun pertanyaan nya, apakah akhir dari suatu wabah penyakit biologis dapat diketahui dari pendekatan ilmu matematika. 

Apa tidak ada prediksi yang lebih erat hubungan nya dengan wabah penyakit tersebut, pendekatan ilmu medis mungkin. Atau ilmu farmasi. Atau ilmu Biokimia. Atau lebih spesifik lagi pendekatan ilmu Virologi, bidang ilmu yang mempelajari khusus tentang virus. Apapun itu, penemuan obat atau vaksin rasanya lebih tepat untuk mengklaim kapan wabah virus Corona ini akan berakhir. 

Vaksin Virus Corona, Apakah Sudah Ada?

Bicara soal vaksin virus Corona, seperti nya dunia sedang tertuju pada sesosok miliader dunia, Bill Gates. Lho, kenapa harus Bill Gates? bukankah beliau seorang pengusaha di bidang teknologi, seorang yang punya perusahaan raksasa dunia bernama Microsoft. Hmmmm.. memang ada juga yang menudingnya sebagai terori konspirasi, namun sebaiknya kita tidak usah ikut-ikutan di ranah itu. Yang perlu kita ketahui adalah, hingga saat ini Yayasan Bill & Melinda Gates Foundation telah menyiapkan dana USD 250 juta (Rp 3,85 triliun) untuk membantu dunia dalam pengembangan vaksin Covid-19.

Kembali ke Bill Gates, baru-baru ini orang nomor dua terkaya di Dunia itu menyebutkan bahwa vaksin virus Corona akan tersedia pada pertengahan tahun 2021. Memang pada umumnya, untuk membuat sebuah vaksin dibutuhkan waktu kurang lebih lima tahun. Karena terdapat banyak proses dan langkah-langkah yang harus dilalui sebelum bisa digunakan langsung oleh manusia.  Namun Bill Gates menyatakan jika ia telah melihat bukti yang menunjukkan vaksin virus corona akan dapat tersedia dalam batas waktu 18 samapai 24 bulan. Bagaimana pun juga Bill Gates belum mengungkap data tentang analisis nya tersebut, jadi untuk sementara mari kita anggap sebagai ramalan saja, sambil memohon keras kepada Tuhan yang maha esa agar ramalan nya tepat. 

Di negara asalnya, China juga baru-baru saja menyatakan jika mereka menjadi yang terdepan dalam mengembangkan vaksin virus Corona. Saat ini, China sedang menguji vaksin ke-empat mereka terhadap manusia yang dimulai pada tanggl 28 april lalu.  Dari semua pengujian yang sedang dilakukan, China optimis bahwa vaksin hasil pengembangan mereka akan siap digunakan bulan September mendatang. Tidak hanya China, jerman juga tidak mau kalah dalam persaingan pengembangan vaksin virus Corona. Melaui perusahaan nya Mainz-based BioNTech, Jerman mengklaim akan dapat memasok jutaan vaksin virus corona akhir tahun ini. 

Lagi-lagi kita harus tetap menunggu kebenarannya sambil berdoa agar analisisnya tepat dan kalau bisa datangnya lebih cepat.

Perkembangan Covid-19 di Tanah Air

Mari ke tanah air, mungkin Indonesia bukan negara yang suka ikut-ikutan pamer teknologi medis atau teknologi lainnya. Jadi soal Vaksin sepertinya kita lebih suka dengan menuggu saja sambil menyiapkan importir-importir kawakan yang akan memasukkan barangnya ke pasar-pasar jika sudah tersedia. 

Sambil menunggu kapan wabah virus Corona ini benar-benar hilang dari bumi pertiwi, sebenarnya ada satu hal yang paling tepat kita lakukan sebagai warga +62, yaitu Ikhlas. Jika penggunaan kata ikhlas telalu religius, kita bisa ganti dengan Sabar. Jika penggunaan kata Sabar terkesan pasrah dan menyedihkan, kita bisa ganti dengan kata Toleran, toleran lebih cocok, lebih NKRI. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN