Mohon tunggu...
Aulia Akbar Pulungan
Aulia Akbar Pulungan Mohon Tunggu... Blogger Baru Lepas

Biasa nulis apa aja yang terngiang di kepala bisa ketemu di sini juga : https://trendingtopp.com/

Selanjutnya

Tutup

Karir

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif

29 Mei 2019   18:30 Diperbarui: 30 Mei 2019   02:35 0 0 0 Mohon Tunggu...
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif
Cara Buat Surat Lamaran Kerja yang baik

Ada 7 Hal yang harus diperhatikan dalam membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif. Yaitu :

  1. Pahami Persyaratan Lamaran Kerjanya
    Sebelum menulis surat, kita perlu membaca baik-baik tentang persyaratan yang dibutuhkan pada lowongan kerja yang ingin dilamar. Pahami baik-baik apa-apa saja kebutuhan dan persyaratan yang dibutuhkan, jangan sampai kita menulis surat lamaran, namun persyaratan tidak memenuhi.

  2. Gunakan bahasa yang Formal
    Surat Lamaran keja adalah persyaratan administrasi dalam proses perekrutan tenaga kerja, sudah pasti semua harus berjalan dengan formal. Jadi saat menulis surat, tulislah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kaidah penuliasan formal bahasa Indonesia.

  3. Gunakan Kalimat Sederhana
    Walau menulis surat dengan gaya yang formal, bukan berarti kita harus menggunkan sususan kalimat yang terlalu berbelit-belit. Hal itu malah akan membuat surat kita berakhir di tong sampah.

  4. Tujukan surat secara spesifik
    Saat membaca lamaran kerja yang ada, perhatikan baik-baik kemana tujuan surat yang harus ditujukan. Salah tujuan surat, bisa-bisa surat kita malah tidak sampai ke pihak yang seharusnya membaca surat kita.

  5. Tulis sendiri, jangan pakai orang lain.
    Jika diharuskan untuk membuat surat lamaran kerja dengan tulis tangan, maka tulis sendiri surat lamarannya. Jangan pernah gunakan tulisan tangan orang lain

  6. Perhatikan nilai kebersihan dan kerapihan
    hindari kertas berlipat, bernoda, dan penggunaan tip-ex pada tulisan surat tangan.

  7. Baca ulang
    Jangan langsung yakin kalau surat yang kamu tulis sudah sempurna, setelah selesai ditulis, baca lagi, kalau perlu mintalah orang lain untuk membacanya, agar ada masukan-masukan yang mungkin bisa meningkatkan daya Tarik pada surat mu.

Demikian artikel mengenai cara menulis surat yang efektif ini saya buat, semoga dapat membantu bagi agan-agan semua khususnya bagi yang sedan berjuanga mencari pekerjaan. versi lengkapnya dapat dibaca pada referensi artikel di bawah. 


Referensi : https://trendingtopp.com/surat-lamaran-kerja-yang-baik-dan-benar/

KONTEN MENARIK LAINNYA
x