Mohon tunggu...
Aulia Akbar Pulungan
Aulia Akbar Pulungan Mohon Tunggu... Blogger Baru Lepas

Biasa nulis apa aja yang terngiang di kepala bisa ketemu di sini juga : https://trendingtopp.com/

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cara Ampuh Menahan Lapar dan Haus saat Berpuasa

17 Mei 2019   00:00 Diperbarui: 27 Mei 2019   19:22 0 0 0 Mohon Tunggu...
Cara Ampuh Menahan Lapar dan Haus saat Berpuasa
cara-menahan-lapar-dan-haus-saat-berpuasa-5cebd669aa3ccd25f517a1c7.jpg

Pada saat menjalankan ibadah puasa, mengalami rasa haus ataupun lapar ketika hari menjelang siang adalah hal yang wajar. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi dan air yang biasanya bisa kita dapatkan lewat sarapan pagi. Sedangkan ketika berpuasa, kita melewatkan waktu sarapan tersebut dan melakukannya lebih awal, yakni di jam sahur. Nah, agar kita terhindar dari rasa haus dan lapar yang sangat berlebihan, berikut cara ampuh Menahan Lapar dan Haus saat berpuasa yang bisa kita terapkan. 

Cara Ampuh Menahan Lapar dan Haus :

1. Melakukan Kegiatan yang Bermanfaat

Jangan jadikan puasa sebagai halangan untuk melakukan aktivitas harian. Tetaplah beraktivitas seperti biasa, misalnya dengan bersih-bersih atau membantu orang lain. Hal tersebut dapat memberikan manfaat. Ingat, saat puasa adalah bulan penuh berkah sehingga kita harus banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat, bukan?

2. Nonton Film Favorit

Salah satu cara ampuh menghabiskan waktu untuk membuat kita lupa dengan rasa lapar dan haus adalah dengan menonton film favorit. Melakukan aktifitas nonton film dengan durasi 2 hingga 3 jam tentunya merupakan ide yang bagus untuk menghabiskan waktu saat puasa. Kalau perlu, Anda bisa menonton series yang terdiri dari banyak episode. Rasa keingintahuan dan penasaran terhadap jalan cerita film tersebut akan membuat kita lupa dari rasa lapar dan haus.

3. Jangan bentar-bentar lihat Jam

Hal yang paling ditunggu-tunggu bagi mereka yang sedang berpuasa adalah waktu berbuka, sehingga tak heran jika jam dinding adalah hal yang tak pernah luput dari pandangan mata. Padahal, melihat jam sebentar-sebentar justru akan membuat waktu berjalan terasa lebih lambat. Apalagi jika masih siang, semakin melihat jam dinding saat puasa, maka akan semakin merasa lapar dan haus.

4. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran sangat penting untuk menunjang kegiatan puasa kita. Pastikan kita mengonsumsinya pada waktu sahur dan berbuka. Buah memiliki kandungan air yang melimpah sehingga mampu menghindarkan kita dari dehidrasi dini di pagi hari ketika berpuasa. Selain itu, buah juga bisa membuat kita kenyang lebih lama. Tapi, ingat, sebaiknya pilih buah yang tidak terlalu asam rasanya.

5. Tidak Makan Asin dan Manis Berlibihan Saat Berbuka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x