Mohon tunggu...
Aulia Putri
Aulia Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Tips dan Solusi Orangtua Menghadapi Anak Bosan Belajar di Rumah di Kondisi Pandemi Covid-19

22 Juli 2021   12:33 Diperbarui: 22 Juli 2021   12:56 93 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips dan Solusi Orangtua Menghadapi Anak Bosan Belajar di Rumah di Kondisi Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi covid-19 di Indonesia hingga kini belum kunjung usai. Adanya pandemi ini membuat tenaga pendidikan memutar otak untuk tetap membuat anak bangsa tetap belajar. 

Diberhentikannya kegiatan belajar mengajar secara langsung sudah dilakukan sejak tahun 2020 hingga kini 2021, satu tahun lama nya siswa tidak bisa melakukan pembelajaran langsung bersama guru dan teman-teman nya di lingkungan sekolah. Banyak hal yang sudah terlewati akan tetapi hal-hal tersebut bukan terlewati begitu saja hanya saja berbeda kondisi dan diubah menjadi online.

Kegiatan pembelajaran daring di rumah memberikan plus minus untuk orang tua. Salah satu plus nya itu waktu yang dihabiskan bersama anak lebih banyak, bounding yang kuat tetapi minus nya pun tetap ada karena terkadang ada orang tua yang seringkali kewalahan memberikan materi kepada anak, banyak kendala-kendala yang dihadapi salah satu nya kurang dikuasai nya materi orang tua untuk mengajarkan anak, atau seringkali orang tua yang terbawa emosi pada saat mendampingi anak mengerjakan tugas karena anak yang malas mengerjakan tugas atau anak yang bosan mengerjakan tugas tersebut. 

Namun walau begitu orang tua tetap harus mengajarkan anak sesuai kemampuan nya. Tidak dibuka pembelajaran tatap muka disekolah membuat banyak sekali orang tua yang kewalahan. Untuk memudahkan orang tua menghadapi anak yang bosan belajar dirumah ada beberapa tips yang bisa dilakukan dirumah seperti:

Membuat Jadwal Untuk Anak

Membuat jadwal keseharian anak bisa membuat dia antusias untuk melakukan kegiatan. Dimulai dari pagi hari bangun tidur mandi lalu sarapan setelah itu mulai sekolah online tidak lupa anak harus menggunakan pakaian seragam sekolah agar anak paham pada saat dia mengerjakan tugas atau sedang melakukan daring bersama guru. 

Setelah sekolah selesai anak berganti baju santai atau baju rumah agar anak tau pembelajaran sekolah telah selesai dan bisa bermain bebas. 

Pada saat merasa bosan kita bisa memberi tahu jadwal selanjutnya seperti "yu beresin tugas ini sesudah ini kita melukis" hal tersebut membuat anak ingin segera membereskan apa yang dia sedang kerjakan.

Mencari Tahu Hobi Anak

Karena adanya pandemi covid-19 ini mengharuskan kita untuk selalu tetap di rumah aja seringkali membuat kita atau anak bosan karena tidak bisa wisata keluar atau sesekali bermain ke mall. 

Nah salah satu yang bisa kita lakukan di rumah adalah membuat kegiatan yang variatif seperti melukis bersama anak, menyiapkan kanvas, cat lukis dan alat lukis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN