Mohon tunggu...
AULIA FIKRIATUNNISA
AULIA FIKRIATUNNISA Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Airlangga

Fakulta Keperawatan Universitas Airlangga

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Abandoment Issue, Masalah Emosional pada Setiap Orang?

7 Juli 2022   21:34 Diperbarui: 7 Juli 2022   22:28 53 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apa sih Abandonment Issue?

Abandonment Issue atau masalah pengabaian merupakan suatu kondisi yang membuat seseorang itu merasa sangat cemas atau takut kehilangan orang lain dalam kehidupannya. Walaupun terdengar biasa saja, abandonment issue dapat dialami oleh anak berumur tiga tahun hingga lansia. 

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa abandonment issue dapat menimbulkan pola pikir yang cenderung merendahkan diri sehingga mereka akan melakukan apapun agar orang lain tidak meninggalkannya. 

Selain itu, akibat dari abandonment issue ini masih belum disadari oleh sebagian besar masyarakat terutama di Indonesia, mereka mengira bahwa abandonment issue ini adalah sebuah rasa yang wajar dimiliki manusia, padahal hal itu tidak wajar bahkan kemungkinan buruknya mereka bunuh diri.

Apa penyebab permasalahan ini?

Abandonment Issue ini biasanya diawali dengan perasaan dan emosi yang sering diabaikan terutama oleh orang tuanya sejak usia anak anak. Mereka menyimpan luka emosional masa kecil yang semakin bertambah umur semakin bertambah besar lukanya hingga luka ini dapat menimbulkan rasa traumatik besar terhadap hubungannya dengan orang lain. 

Pada dasarnya, usia anak anak ini sebenarnya mempunyai sebuah "tangki" kasih sayang dan keterikatan satu sama lain yang harus diberikan oleh orang tua, tetapi acapkali orang tua juga sering merasa mengabaikan hal tersebut hingga anaknya merasa ditolak dan ditinggalkan oleh orang tuanya. Rasa ketakuatan akan penolakan dan ditinggalkan inilah menjadi pemicu terjadinya abandonment issue ini. 

Perilaku pemicunya tentu dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, dimana kedua orang tua bekerja dan tidak memiliki waktu bersama sama dengan anak mereka atau adanya kekerasan seksual yang dilakukan oleh orang tua maupun keluarga. Selain itu, luka emosional lainnya juga dapat disebabkan oleh kekerasan seksual, penelantaran, dideskriminasi oleh banyak orang, dikhianati orang lain, dan kehilangan orang yang sangat dicintai. 

Dengan perasaan yang masih terluka ini, seorang anak akan tumbuh menjadi seseorang yang memiliki abandonment issue sehingga menyebabkan mereka tidak memiliki keterikatan yang positif dengan orang lain dan sulitnya mengontrol emosi diri mereka sendiri dalam aspek sosial maupun psikologis.

 

Bagaimana ciri ciri seseorang memiliki Abandonment Issues?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan