Mohon tunggu...
Aulia Geraline
Aulia Geraline Mohon Tunggu... Hidup indah dengan beribadah

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Pendidikan Agama Islam Sejak Dini

4 Juni 2020   17:37 Diperbarui: 4 Juni 2020   18:15 268 1 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan Islam sejak dini mulai harus dikembangkan dan diajarkan kepada anak-anak ketika ia masih di dalam kandungan ibunya hingga nanti ia tidak di dunia lagi, orang-orang pertama yang berkewajiban mendidik dan mengajarkan pendidikan agama Islam kepada anak-anak adalah keluarganya terutama kedua orang tuanya. Hal ini bertujuan agar anak-anak mulai terbiasa sejak dini dan mulai mengenal agamanya sendiri yakni Agama Islam, dan kelak pendidikan tersebut bisa menjadi bekal di kehidupan masa depannya.

Cara yang mampu dilakukan oleh orang tua dan orang-orang disekitarnya untuk mendidik dan mengajarkan anak-anak tersebut tentang Agama Islam adalah dengan cara, mengajarkan dasar-dasar ajaran Agama Islam, seperti mengenal Allah Subhananahu Wa Ta'ala, mengenalkan keenam rukum Iman dan juga kelima rukun Islam, mengajarkan bagaimana cara beribadah seperti Shalat, mengaji Al-Qur'an, berpuasa, dan bersedekah serta mendidik anak-anak untuk berperilaku dan berakhlaq yang baik yakni melalui metode pelatihan, pembiasaan, permainan, menceritakan kisah-kisah, dan memberikan pujian atau hadiah kepada mereka jika mereka mampu berbuat baik kepada sesamanya.           

A. PENDAHULUAN

Pembelajaran adalah proses interaksi yang dilakukan peserta didik dan pendidik terhadap lingkungan sekitar baik secara langsung maupun tidak langsung. Pendidikan juga merupakan usaha untuk membangun, dan mengembangkan, serta membina kualitas manusia agar menjadi lebih baik.

Dalam pandangan Islam sendiri anak adalah amanah yang amat besar bagi kedua orang tuanya yang harus dijaga dan dididik agar mereka tidak salah jalan. Orang tua adalah madrasah paling utama bagi anak-anaknya, anak-anak akan mencontoh perbuatan orang tuanya yang mereka lihat, maka dari itu sebagai orang tua yang baik, mereka perlu mengajarkan dan mendidik anak-anaknya tentang pendidikan islam sejak dini, agar anak-anak paham bagaimana Agama Islam mendidik anak-anak dengan sangat baik.

Dalam islam ada sebuah buku yang mengatakan "Muliakanlah anak-anak kalian dan didiklah mereka dengan budi pekerti yang baik".Pendidikan Islam memang harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak, agar mereka mulai terbiasa sedari kecil untuk melaksanakan ibadah-ibadah yang diajarkan didalam agama Islam sambil belajar bagaimana cara agar taat dan patuh terhadap perintah-perintah Allah. Jadi ketika nanti mereka telah dewasa mereka akan terbiasa untuk melakukan ibadah-ibadah tersebut dan akan merasa berdosa jika meninggalkannya.

Walaupun anak-anak lahir dalam keadaan lemah dan tidak berdaya. Namun, pada fitrahnya mereka itu lahir dalam keadaan suci dan bersih serta jauh dari keburukan. Al-Qur'an pun memerintahkan kepada para orang tua agar mendidik dan mengajarkan anak-anak nya dengan pendidikan yang didasari oleh keimanan dan menanamkan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala di hati anak-anak mereka. Karena anak-anak adalah penerus bangsa dan agama, jika iman mereka baik maka mereka pun akan mampu menjadi penerus bangsa dan agama yang baik serta beriman pula.

Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa orang tua memiliki kewajiban untuk memelihara keluarga dan anak-anak nya dari siksa pedih api neraka. Yaitu dengan mengajari anak-anak nya bagaimana berakhlak yang baik sesuai ajaran Agama Islam, dan berusaha menjauhkan anak-anaknya dari berbagai pergaulan buruk, serta mulai membiasakan anak-anak agar mampu hidup hemat dan sederhana agar setelah dewasa nanti mereka telah terbiasa hidup sederhana dan tidak berfoya-foya.


B. METODE PENELITIAN

1.Pengertian Pendidikan Agama Islam     

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, istilah pendidikan mempunyai asal dari kata "didik"  yakni dengan memberinya awalan "pe" kemudian akhiran "an". Memiliki arti "perbuatan" (hal, cara, atau yang sebagainya). Istilah pendidikan semula berasal dari Bahasa Yunani "paedagogie", yang memiliki arti bimbingan yang diberikan kepada anak. Istilah ini kemudian diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris "education" yang memiliki arti pengembangan atau bimbingan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x