Mohon tunggu...
Aulia FiraVenata
Aulia FiraVenata Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya mencari hal-hal yang baru

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Pentingnya Bahasa Dalam Kehidupan Sehari-hari

11 September 2022   21:28 Diperbarui: 11 September 2022   21:55 32 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Bahasa merupakan alat komunikasi yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain agar diketahui apa maksud dan tujuannya. 

Pentingnya bahasa sebagai identitas manusia tidak lepas dari adanya pengakuan manusia terhadap penggunaan bahasa dalam kehidupan sosial sehari-hari. 

Untuk melaksanakan tugas kemanusiaan, manusia hanya memiliki satu alat yaitu bahasa. Dengan bahasa, manusia dapat mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya. Sesuatu yang pernah dirasakan sama dan serupa, belum tentu terasa sama, karena belum terungkap dan diungkapkan. 

Hanya dengan bahasa, manusia bisa membuat sesuatu terasa nyata dan terungkap. Bahasa merupakan sistem lambang bunyi yang arbiter, digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri.

Dalam setiap peradaban manusia, bahasa selalu hadir di tengah-tengah mereka. Bahasa dan manusia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana bahasa berperan sebagai media yang membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. 

Hal ini juga berlaku pada bahasa Indonesia yang diciptakan puluhan tahun lalu dan mengalami perkembangan yang signifikan hingga saat ini. Sejak tanggal 28 Oktober 1928, bahasa Indonesia resmi dipakai oleh bangsa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Selain itu, bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa pendukung ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk kepentingan nasional kita. Bahasa adalah kunci untuk membuka khazanah pengetahuan. Hanya dengan bahasa kita bisa menguasai ilmu. Perkembangan bahasa Indonesia lisan maupun tulisan berkembang mulai pada saat terbentuknya, yaitu pada tanggal 28 Oktober 1928, bersamaan dengan momen Sumpah Pemuda. 

Setelah terbentuk, bahasa Indonesia terus berkembang seiring berlakunya ejaan Van Ophuijsen, Soewandi, Melindo bahkan hingga ke Ejaan yang Disempurnakan (EYD).

Bahasa Indonesia yang telah dikenal oleh khalayak umum merupakan bahasa Melayu yang menjadi lingua franca atau bahasa perhubungan di Nusantara kala itu. 

Bahasa Melayu telah ada dan dipergunakan terlebih dahulu. Keberadaan bahasa Melayu pun dapat ditilik dalam saat persiapan Kongres Pemuda tahun 1926, para pemuda masih mempermasalahkan tentang sebutan bahasa persatuan Indonesia. Kemudian M. Tabrani mengusulkan bahasa Melayu diganti dengan istilah bahasa Indonesia dan hal ini pun disetujui bersama pada tanggal 2 Mei 1926.

Berikut adalah fungsi kedudukan bahasa Indonesia:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan