Mohon tunggu...
Aulia
Aulia Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Universitas Andalas

Menulis untuk kesenangan dan berbagi

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Peluang Terakhir Indonesia Meraih Tiket Olimpiade: Mengintip Kekuatan Guinea dan Perjalanan Menuju Babak Playoff

5 Mei 2024   00:48 Diperbarui: 5 Mei 2024   00:59 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://akcdn.detik.net.id/visual/2024/04/26/timnas-indonesia-u-23-vs-korea-selatan_169.png?w=650&q=90

Timnas U-23 Indonesia masih memiliki satu peluang emas untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. Peluang terakhir masih ini terbuka setelah mereka gagal melaju ke final Piala AFC U-23 2024 dan finis pada urutan ke-4.

Langkah selanjutnya adalah bertanding melawan timnas U-23 Guinea di babak playoff yang akan digelar pada tanggal 9 Mei 2024 di Stade Pierre Pibarot, Prancis. Pertandingan ini akan menjadi penentu bagi Indonesia untuk meraih satu tiket ke Olimpiade.

Menilik Kekuatan Guinea

Guinea U-23 bukanlah lawan yang mudah. Tim asal Afrika ini memiliki beberapa pemain potensial yang bermain di liga-liga top Eropa, seperti Mohamed Aly Camara (FC Red Bull Salzburg) dan Ila Diallo (FC Chambly).

Guinea U-23 juga memiliki rekam jejak yang cukup baik di level internasional. Mereka berhasil meraih peringkat keempat di Piala Afrika U-23 2023, dan lolos ke babak playoff Olimpiade ini setelah mengalahkan Ghana U-23 di babak kualifikasi.

Perjalanan Indonesia Menuju Babak Playoff

Indonesia U-23 telah menunjukkan performa yang cukup gemilang di Piala AFC U-23 2024. Mereka berhasil lolos dari fase grup sebagai juara grup, dan melaju hingga babak semifinal sebelum dikalahkan oleh Uzbekistan U-23.

Meskipun menelan kekalahan di semifinal, Garuda Muda telah menunjukkan semangat juang dan pantang menyerah yang tinggi. Mereka mampu mengalahkan tim-tim kuat seperti Korea Selatan U-23 dan Australia U-23 di fase grup.

Strategi untuk Menghadapi Guinea

Peluang Indonesia untuk lolos ke Olimpiade masih terbuka lebar. Namun, mereka harus tampil maksimal dan penuh strategi untuk mengalahkan Guinea U-23.

Berikut beberapa strategi yang dapat dipertimbangkan oleh tim pelatih Indonesia U-23:

Kekuatan dan Kelemahan Guinea U-23: Pelatih perlu mempelajari gaya bermain, kekuatan, dan kelemahan Guinea U-23 secara mendalam. Hal ini dapat membantu merumuskan strategi yang tepat untuk mengeksploitasi kelemahan Guinea U-23 dan memaksimalkan kekuatan Indonesia U-23.

Meningkatkan Kekompakan dan Kerja Sama Tim: Kerja sama tim yang solid menjadi kunci utama dalam meraih kemenangan. Para pemain perlu meningkatkan komunikasi dan koordinasi di lapangan. Menyoroti pertandingan terakhir melawan Tim Irak, beberapa pemain kunci melakukan kesalahan dengan menahan bola lebih lama seperti Marcelino. Dia dianggap tidak menampilkan performan yang baik pada laga tersebut dan beberapa kali terkesan lebih mementingkan diri sendiri. J

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun