Mohon tunggu...
Aulia Amantasela
Aulia Amantasela Mohon Tunggu... Penulis - .

.

Selanjutnya

Tutup

Money

Business Model Canvas "Tas Anti Air"

29 Mei 2019   17:22 Diperbarui: 29 Mei 2019   17:48 2677
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

BAB I

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang Masalah

Industri Fashion adalah industri dengan bidang usaha yang paling laku dewasa ini, karena penampilan adalah hal yang pertama kali dillihat oleh orang lain. Penampilan seseorang dapat mencerminkan kepribadian orang tersebut. Fashion menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari penampilan dan gaya keseharian seseorang. Semua kalangan, baik kalangan atas maupu kalangan bawah, baik laki-laki atau perempuan pasti menggunakan tas. Entah digunakan untuk menyimpan barang saat berpergian atau hanya untuk sekedar mendukung penampilan. Dalam memilih produk fashion  seperti tas tidak mudah. Desain yang mengikuti zaman akan lebih menarik, berdasarkan hal itu tas dengan desain yang banyak menrik perhatian konsumen adalah hal penting. Penggunaan tas yang tepat juga mampu mendongkrak penampilan seseorang. Dengan kehadiran produk yang trendi dan menarik perhatian dapat meningkatkan image dan prestige terhadap orang yang menggunakannya. Setiap musim yang berbeda selalu hadir tas dengan desain-desain yang berbeda, entah tas dengan model yang simple, modern, ataupun yang fungsional. Berdasarkan hal ini pula persaingan antar produsen tas semakin mengetat.

Berdasarkan hal tersebut, saya akan memproduksi tas waterproof, dimana tas dengan model totebag yang terbuat dari kain kanvas anti air. Tas dengan merek HITAM ini dibuat dengan desain yang mengikuti style zaman sekarang, dengan bahan yang berkualitas, dan dapat digunakan oleh laki-laki dan perempuan.  

 

1.2 Gambaran Umum Produk

HITAM adalah produk tas anti air yang memiliki model yang tidak ketinggalan zaman, tas ini memiliki bahan dengan lapisan yang dapat menahan air agar tidak tembus kedalam tas. Ini adalah kelebihan utama produk HITAM dibandingkan para pesaing. Sehingga dapat memudahkan pelanggan dalam menjaga barang yang ditampung dalam tas ini pada disituasi dan kondisi apapun. Lalu tas ini memiliki 4 kantong pada bagian dalam tas nya, dengan desain model totebag, tas HITAM memiliki kantong-kantong yang berguna untuk meletakkan laptop, pulpen, kartu-kartu, serta uang, yang akan memudahkan pembeli dalam me-manage barang yang dibawa. Hal ini yang tidak terdapat dalam totebag yang diproduksi oleh pesaing. Desain gambar yang simple yang digunakkan oleh HITAM membuat tas ini cocok dipakai oleh laki-laki dan perempuan berusia 14-35 tahun, dimana orang-orang ini yang akan menjadi target pasar HITAM. Warna tas yang diproduksi oleh HITAM adalah warna monokro, yaitu hitam dan putih. Tas anti air HITAM memiliki resleting diatasnya, fungsi dari resleting ini adalah agar barang-barang yang diletakkan dalam tas tidak berceceran keluar. Bahan yang digunakan oleh HITAM adalah kanvas anti air dengan warna monokrom yaitu hitam dan putih. Akan tetapi, produk tas anti air HITAM memiliki kekurangan yaitu, warna yang terbatas dan hanya memiliki satu model yaitu, totebag.

BAB II

BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

  1. Customer Segment

Dalam menjalankan bisnis HITAM, segmentasi pelanggan yang akan diambil untuk produk HITAM adalah laki-laki dan perempuan yang berusia 14 - 35 tahun. Lebih dikhususkan bagi para pelanggan yang duduk dibangku sekolah dan mahasiswa. Selain itu juga, bagi para pelanggan yang menyukai model dengan desain yang minimalis dan simpel.

  • Value Proposition

Value Proposition merupakan sebuah nilai atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu produk kepada para segmen yang dituju. Value Proposition produk HITAM terdiri dari 3, yaitu pertama Anti Air, HITAM merupakan suatu produk tas yang memiliki bahan dengan lapisan yang dapat menahan air agar tidak tembus kedalam tas. Ini adalah kelebihan utama produk HITAM dibandingkan para pesaing. Sehingga dapat memudahkan pelanggan dalam menjaga barang yang ditampung dalam tas ini pada disituasi dan kondisi apapun. Kedua, adalah Stylish Design. HITAM merupakan tas dengan model totebag yang memiliki desain yang mengikuti perkembangan zaman, tidak hanya itu, HITAM memiliki produk yang minimalis dan memiliki warna monokrom dan Ketiga, Innovative Product. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun