Mohon tunggu...
Aulia Khusnul Khotimah
Aulia Khusnul Khotimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa semester 5 Universitas Muhammadiyah Malang

selalu tertarik ingin mencoba hal baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Penanaman Tanaman TOGA Bunga Telang oleh Mahasiswa PMM Kelompok 11 Gelombang 9 bersama Siswa/i Merjosari 5

26 September 2022   21:35 Diperbarui: 26 September 2022   21:36 156 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) dilakukan dengan menanam tanaman TOGA bunga telang bersama siswa/i di SDN Merjosari 5 terlaksana dengan lancar dan tertib. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan Senin, 19 September  2022  pukul 09.00 sampai dengan 10.15 WIB. Kegiatan tersebut disambut dengan baik dan sangat antusias oleh siswa/i di SDN Merjosari 5. 

Kegiatan  tersebut dilakukan oleh Dliya Jauza, Aulia Khusnul Khotimah, Adri Hafiz Yusuf, Ahmad Fatih Yusri, Farhan Chairul Haq yang merupakan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Kelompok PMM 11 gelombang 9 ini berada dibawah bimbingan Bapak Drs. Amir Syarifuddin, MP selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

TOGA atau Tanaman Obat Keluarga adalah tanaman yang ditanam di sekeliling rumah atau lingkungan sekolah yang fungsinya sebagai penghijau lingkungan. Selain itu tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat atau jamu yang dijuluki apotek hidup. Manfaat lainnya dari menanam tanaman TOGA yaitu :

  1. Sebagai obat alami untuk keluarga : Dengan menanam tanaman sendiri, kita bisa mengobati aneka ragam penyakit. Mulai dari penyakit ringan seperti panas dan flu, hingga penyakit berat seperti jantung dan asam urat.
  2. Memperindah rumah : apabila ingin memiliki tampilan pekarangan yang alami dan berbeda dengan tanaman hias pada umumnya, maka tanaman obat bisa menjadi pilihan yang tepat.
  3. Peluang bisnis : Mengingat tingginya kebutuhan tanaman obat baik dalam konsumsi pribadi maupun umum, maka kita dapat memanfaatkan hal ini menjadi bisnis jual beli tanaman obat dengan prospek yang menjanjikan.
  4. Bahan campuran jamu tradisional : Beberapa jenis tanaman TOGA bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan campuran jamu antara lain temu lawak dan jinten hitam.

Tanaman TOGA yang kami pilih dalam kegiatan ini adalah bunga telang. Selain memliki banyak manfaat bunga telang juga sangat familiar dan booming di berbagai kalangan pada saat ini. 

Jadi kami sangat antusias untuk mengajak siswa/i di SDN Merjosari 5dalam menanam tanaman TOGA bunga telang ini. Dan siswa/i di SDN Merjosari 5 pun sangat antusias dan juga bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini.

Ciri khas dari bunga telang adalah memiliki kelopak bunga berwarna biru cerah. Tanaman bunga telang juga salah satu tanaman yang merambat, sehingga dibutuhkan sanggahan seperti kayu untuk menopang tanaman. 

Bunga telang mengandung banyak antioksidan kuat seperti katekin, polifenol, fitonutrien serta tanin berharga yang berperan dalam peningkatan memori otak. 

Pada kelopak tanaman telang memberikan warna biru ketika direndam dalam air hangat atau panas. Sehingga dapat digunakan sebagai perwarna pada makanan atau minuman tertentu.

Kegiatan diawali dengan membagi kelompok setiap siswa/i di SDN Merjosari 5, masing-masing kelompok beranggotakan 5-6 orang. Lalu setiap kelompok diberikan bunga telang yang masih berada dalam polybag. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan