Mohon tunggu...
AULIA PUSPITA ROMADHONA
AULIA PUSPITA ROMADHONA Mohon Tunggu... Mahasiswi

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kesenjangan Pendidikan di Negara Indonesia pada Masa New Normal

31 Oktober 2020   12:26 Diperbarui: 31 Oktober 2020   12:50 14 2 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan adalah salah satu ilmu yang sangat berguna untuk dimasa depan dan salah satunya di negara Indonesia. Pendidikan dinegara di Indonesia merupakan pendidikan yang wajib bagi setiap masyarakat baik dikalangan bawah, menengah dan atas.

Tetapi di negara Indonesia sendiri masih banyak warga yang tidak bisa menempuh pendidikan dikarenakan keterbatasan ekonomi.

Seperti anak-anak seharusnya belajar tetapi malah lebih memilih bekerja karena untuk membantu kedua orangtuannya.

Persoalan ini merupakan hal yang harus diselesaikan. Karena masyarakat kalangan bawah terutama untuk anak-anak banyak sekali yang ingin merasakan bangku sekolah dan malah yang kalangan atas yang anak-anaknya disekolahkan malah tidak sekolah dengan baik (seenaknya sendiri).

Pemerintahan di Indonesia seharusnya lebih memperhatikan lagi pendidikan untuk masyarakat terutama kalangan yang kurang mampu. Meskipun pemerintahan di Indonesia sudah memberikan fasilitas pendidikan untuk kalangan yang kurang mampu tetapi banyak juga yang belum menerima fasilitas tersebut, dikarenakan banyak oknum-oknum melakukan pelanggaran tersebut.

Masyarkat merasa pemerintahanndi Indoneia kurang adil. Seharusnya pemerintahan langsung memberikan ke masyarakat.

Terdapat sila ke lima pancasila yang seharusnya rakyat di Indonesia mendapatkan keadilan sama rata tidak hanya masyrakat kalangan atas yang mendapatkan fasilitas yang cukup.

Apa lagi dimasa yang sekarang ini yang sedang terkena dampak pandemi covid-19 ini. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan, anak-anak juga belajar dari rumah (daring). Pendidikan pada masa pandemi ini banyak sekali kendala.

Menurut  Popmama.com "Pelaksanaan sistem pembelajaran jarak jauh pada anak di Indonesia selama pandemi dinilai masih belum berjalan secara optimal. Ada beberapa hal yang dinilai menjadi kendala, terutama mengenai akses internet.

Hal tersebut terjadi karena beberapa daerah nusantara belum memiliki akses internet, bahkan listrik.

Kemudian, masalah kemampuan orangtua dalam mendampingi anak-anak di rumah juga masih kurang karena banyak Mama dan Papa yang belum mengerti tentang sistem pendidikan saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x