Politik

Sistem Politik

14 September 2017   06:29 Diperbarui: 14 September 2017   06:47 206 0 1

Jika berbicara mengenai sistem tentu tidak asing saat kita mendengarnya. Arti dari sistem itu sendiri adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Dari yang kita tahu sistem sangatlah penting di negara manapun lebih spesifiknya tentu dalam pemerintahan di negara itu .

Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. Bahwa hakikatnya dalam kehidupan sosial sesungguhnya merupakan sebuah politik, karena adannya interaksi anatara manusia satu dengan manusia yang lain pasti akan melibatkan hubungan politik.

Maka akan timbul dari pembaca ataupun seseorang apa itu sistem politik. Dari pandangan seseorang tentu berbeda mengenai definisi sistem politik tersebut.
Sistem politik merupakan hubungan antara manusia dengan manusia lain, hubungan manusia dengan pemerintah, hubungan antara negara dengan negara lain serta melibatkan sesuatu yang luas dan berarti tentang kekuasaan, aturan-aturan, dan kewenangan.

Dengan demikian, sistem politik itu ada karena merujuk pada seluruh lingkup aktivitas politik yang membahas hubungan dan interaksi antara lembaga-lembaga yang menjadi objek bahasannya dalam kegiatan atau usaha lembaga-lembaga dalam melaksanakan fungsi-fungsinya agar dapat mencapai tujuan sistem itu.

Politik menyangkut proses penentuan tujuan negara dan cara melaksanakanya. Untuk melaksanakan tujuan negara diperlukan sebuah politik untuk mengatur berbagai aktivitas dalam suatu sistem politik untuk menentukan tujuan dari sistem politik dan melaksanakan tujuan itu. Agar tjuan-tujuan dapat dilaksanakan maka diperlukan kebiajkan umum yang menyangkut pengaturan dan pembagian serta alokasi. Sedangakn untuk melaksakan sebuah kebijakan perlu memiliki kekuasaan dan kewenagan yang dipakai untuk menyelesaikan konflik yang timbul.