Mohon tunggu...
Agustinus Robert Tuanubun
Agustinus Robert Tuanubun Mohon Tunggu... sunset

Amatir Radio member, callsign YC8VRA pada Lokal Kota Ambon Daerah Maluku

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Komunis dan Atheis

26 Agustus 2013   18:07 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:47 0 4 4 Mohon Tunggu...

Komunisme adalah sebuah ideologi. Penganut paham ini berasal dari Manifest der Kommunistischen yang ditulis oleh Karl Marx dan Friedrich Engels, sebuah manifesto politik yang pertama kali diterbitkan pada 21 Februari 1848 teori mengenai komunis sebuah analisis pendekatan kepada perjuangan kelas (sejarah dan masa kini) dan ekonomi kesejahteraan yang kemudian pernah menjadi salah satu gerakan yang paling berpengaruh dalam dunia politik. 1).

Komunisme adalah paham yang menolak kepemilikan barang pribadi dan beranggapan bahwa semua barang produksi harus menjadi milik bersama. Ini bertujuan agar tidak ada hirarki buruh-pemilik modal karena sistem kapitalis cenderung mengeksploitasi manusia. Komunisme memiliki keberpihakan yang sangat tinggi terhadap rakyat miskin, yang disebut sebagai proletar, dan menolak kapitalisme yang dianggapnya adalah penghisapan manusia atas manusia. Itulah kenapa PKI pada masanya mampu menjadi partai terbesar ketiga di Indonesia. Rakyat Indonesia yang mayoritas adalah rakyat miskin di negara yang baru lepas dari penjajahan mendukungnya; dan itu sama sekali tidak berhubungan dengan ateisme.2)

Perbedaan Mendasar Antara Komunisme Dengan Atheisme

Sebelumnya, bagi yang belum tahu, komunisme merupakan sebuah ideologi politik dan komunis adalah penganut komunisme. Lain dengan atheisme, atheisme merupakan sebuah ideologi kepercayaan dan atheis adalah penganut atheisme. Disini saya akan menjabarkan perbedaan Ideologi Komunis dan Atheis. Komunisme adalah sub-ideologi politik yang didefinisikan dengan ringan sebagai suatu paham pemerataan stratifikasi sosial dan kepemilikan finansial kaum buruh dan tani (proletar) dengan kaum pengusaha (borjuis) lewat pendekatan ekonomi kesejahteraan dan perjuangan rakyat kecil, sehingga tercipta sebuah persamaan dan kesetaraan hak dan kewajiban. Gerakan komunisme muncul sebagai koreksi atas ideologi liberalisme yang dianut Eropa, akar ideologi ini dari Sosialisme.

Atheisme adalah paham yang tidak mempercayai adanya Tuhan, baik secara wujud atau eksistensinya, dan cenderung memiliki sikap anti-theis dan heretic (mengkritik agama dengan hinaan dan cacian),biasanya para penganut atheisme cenderung menganut materialisme absolut, menganalisis penciptaan sesuatu lewat kosmologi, dan memakia prinsip moralitas tanpa hukum agama. Atheisme tidak sinonim dengan agnostisisme, tapi agnostisisme satu arah dan tujuan dngan atheisme. Untuk memahami perbedaan ini dengan mudah, dalam komunisme tidak mengenal istilah kaya vs miskin, sedangkan dalam liberalisme mengenal istilah konglomerat vs melarat.

Komunisme diperkenalkan oleh Karl Marx, seorang Yahudi Jerman. Lewat thesisnya bersama Friedrich Engels yg berjudul "Manifest der Kommunistischen" (Manifesto Komunis). Di dalam thesisnya itu, dia menulis bahwa agama adalah candu dikarenakan para theis terkurung dalam kotak yang disebut dogmatik.

Dia menggambarkan ajaran agama tentang doa dan usaha, para penganut agama cenderung dibutakan dengan "doa" sehingga gerakan mereka sempit dan terbatas, misalnya, jika kita berdoa semoga rezeki kita dipermudah Tuhan, maka kita akan melakukan aktifitas-aktifitas terbatas tanpa angan-angan untuk lebih (setidaknya, itu yg dia lihat di Jerman kala itu).

Dari sinilah Marx menganalogikan bahwa selama masih ada agama, berarti penindasan masih subur (penindasan bukan disebabkan agama, tapi orang2 berlari ke agama tatkala terjadi penindasan) oleh sebab itu, para komunis di USSR (Uni-Sovyet) dulu kebanyakan menganut atheisme.

"one hand works is better than a thousand hands clench"

Maksudnya adalah, orang yg berusaha keras untuk maju lebih diutamakan daripada berdoa (mengepal maksudnya mengkritik para penganut agama, dalam hal ini yaitu Kristen). Jadi, bukan dikatakan non-agama, tapi seharusnya agama jangan dijadikan faktor memperlemah seseorang untuk tidak berusaha/malas (tidak melakukan revolusi atau perubahan). 3)

Kesimpulan

Komunis itu bukan atheis, komunis adalah suatu ideologi politik sedangkan atheis adalah suati ideologi kepercayaan.

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Komunisme
  2. http://andabertanyaateismenjawab.wordpress.com/2012/10/14/apakah-komunis-itu-ateis/
  3. http://princessvierapamungkas.blogspot.com/2012/07/perbedaan-antara-komunis-dan-atheis.html

KONTEN MENARIK LAINNYA
x