Mohon tunggu...
Audrey ArthamiraDewi
Audrey ArthamiraDewi Mohon Tunggu... Lainnya - Traveler

Don’t be arrogant, because arrogant kill your passion

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Fasilitas Jakarta International Stadium

16 November 2022   18:15 Diperbarui: 16 November 2022   18:28 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo saya Audrey Arthamira Dewi mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti jurusan perhotelan dan saya adalah salah satu mahasiswi penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud angkatan 2019.

Jakarta Internasional Stadium (JIS) adalah stadion bertaraf internasional yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sebelum berpindah nama Stadion JIS awalnya direncanakan dengan nama Stadion Bersih Manusia Wibawa (BMW). Rencana yang dimulai dari tahun 2009 itu sempat terhambat karena sengketa tanah.

Kapasitas JIS dirancang dengan 82.000 penonton dan bertipe stadion sepak bola modern, dengan luas tanah 221.000 meter persegi atau 22,1 hektar adalah stadion pertama di Indonesia yang menggunakan rumput hybird turf yakni perpaduan rumput organik dan rumput sintetis.

Adapun fasilitas di Jakarta Internasional Stadium ini tidak dimiliki di Stadion Gelora Bung Karno, apasaja? yuk simak ulasan berikut.

1. Rumput Hybrid 

Jenis rumput yang dipakai di JIS  merupakan perpaduan antara rumput organik dan rumput sintetis  meliputi 5% sintetis berjenis Limonta dari Italia dan 95% rumput alami jenis Zoysia Matrella dari Boyolali. Perawatan rumput alami jenis Zoysia Matrella asal Boyolali tidak menggunakan peptisida. Pengelola menggunakan burung kaki bayam yang dilepas ke rumput untuk memangsa ulat dan serangga.

2. Skywalk Deck 

Jakarta Internasional Stadium memiliki fasilitas yang tak biasa, yaitu Skywalk Deck atau jogging track di ketinggian 72 meter. Fasilitas ini bisa melayani pengunjung, baik hanya untuk berjalan maupun jogging. Skywalk Deck memiliki jalur sepanjang 800 meter dan lebar 3 meter. Pengunjung juga dapat menikmati alam laut atau pelabuhan dari atas JIS sembari jogging santai, akan tetapi Skywalk Deck dibatasi untuk 100 orang perngunjung perharinya karena alasan keamanan.

3. Atap Buka Tutup Otomatis 

Jakarta Internasional Stadium adalah stadion pertama di Indonesia yang memiliki atap buka tutup otomatis. JIS tidak hanya bisa untuk pertandingan sepak bola saja, namun event seperti exhibition hingga konser musik. Untuk mendukung hal tersebut JIS dilengkapi sistem atap buka tutup otomatis (rectractable roof). Hal ini untuk mendukung pengguna stadion untuk berbagai event tanpa terhalang kondisi cuaca.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun