Andrisy Kusnadi
Andrisy Kusnadi

audiomobilbsd.com,adalah situs toko audio mobil online. menjual eneka produk audio mobil,tv mobil,head unit mobil,gps mobil,harga murah,lokasi di BSD Autopart-Serpong-Tangerang.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Perangkat Audio yang Harus Digunakan untuk Mobil Anda

19 April 2015   06:47 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:56 4020 0 0

Perangkat audio yang harus digunakan untuk  audio mobil Anda gunakan head unit untuk memainkan  CD/ DVD player juga sebagai pusat kontrol sinyal suara. Amplifier memiliki kegunaan untuk memperkuat sinyal daya dari head unit juga untuk memberikan kekuatan daya. Speaker untuk menghadirkan suara musik yang biasa kita dengar. Sedangkan sebuah subwoofer digunakan untuk memerikan efek suara terutama pada nada rendah sehingga dinamika suara lebih mudah dirasakan. Semua komponen dari perangkat audio mobil tersebut jelas untuk menghadirkan stereo system lebih maksimal. Alasan pengguna kendaraan membeli paket audio mobil adalah karena lebih praktis untuk instalasi. Semua perangkat audio tersebut sudah disesuaikan spesifikasinya sehingga lebih baik untuk kualitas suara. Dipasaran memang kini dengan mudah dapat kita temukan dengan banyaknya merek yang ditawarkan untuk menentukan pilihan .

Perangkat komponen audio mobil system

Head unit audio mobil
Head unit stereo system difungsikan untuk jadikan kualitas suara lebih baik karena HU adalah otak dari semua sinyal audio. Perhatikan fitur yang ada di dalam head unit tersebut seperti equalizer difungsikan untuk membatasi frekuensi yang hendak diloloskan. Selain itu equalizer juga dapat digunakan untuk menyesuaikan frekuensi berdasarkan genre musik. Hight pass filter untuk nada tinggi sedangkan Low pass filter untuk nada rendah. Kontrol audio dari head unit adalah processor digital time alightment untuk mengatur arah dan posisi suara yang datang secara bersamaan. Interior pada mobil memiliki akustik yang buruk sehingga untuk minimalisir dengan menggunakan processor atau time alightment serta equalizer.

Perangkat audio untuk mobil terdiri

Power amplifier audio mobil
Untuk menikmati musik yang baik di dalam mobil adalah memilih amplifier mobil yang bermutu baik. Ada beberapa pilihan untuk menentukan jenis amplifier yang cocok untuk audio mobil Anda. Tentukan jenis yang paling ideal untuk selera musik Anda. apakah menggunakan amplifier 4 kanal atau monoblok semua itu tergantung jenis musik dan hoby Anda mendengarkan suara musik. Ampli multi kanal adalah pilihan yang cocok untuk pengguna pemula karena disamping praktis simple dalam pemasangan. Selain itu digunakan untuk kekuatan daya speaker dan subwoofer jadi multi fungsi walaupun untuk kisaran daya tidak begitu besar. Amp 4 chanel sudah cukup mumpuni untuk menambah daya speaker dan subwoofer untuk kontrol dan pengatur tergolong cukup lengkap. Fitur amplifier terdiri dari kanal depan untuk speaker dan kanal belakang untuk subwoofer, Bagian front RCA dan Rear RCA hight dan low pass filter untuk mengatur frekuensi yang hendak di cut off. Kontrol lainya adalah gain level input dan bass boost serta pengatur frekuensi. Jalur terminal kelistrikan terdiri dari kabel accu dan ground serta kabel remote untuk mematikan ampli otomatis melalui HU.

Speaker audio mobil
Speaker mobil sangat penting perananya untuk system audio mobil fungsinya adalah untuk menghadirkan frekuensi gelombang suara. Speaker banyak dipasaran tentukan jenis dan model yang sesuai dengan selera musik Anda . Untuk material ada yang menggunakan material polypropelene dan paper cone serta surround rubber. Speaker berkualitas biasa menggunakan material dari bahan polyprolene dan kevlar karbon. Speaker terdiri dari jenis split 2 way komponen dan 3 way serta coaxial speaker semua memiliki keunggulan masing masing. Speaker split paling banyak digunakan karena sudah cukup baik untuk syarat stereo system. Komponennya terdiri dari sepasang pasif crossover midrange dan tweeter sedangkan coaxial dimana semua komponen berada dalam satu speaker. Coaxial memang lebih simple untuk pemasangan hanya mengganti karena tidak memiliki pasif crossover dan lebih simple instalasinya. Untuk pengguna yang serius mengutamakan suara yang lebih detail untuk staging dan tonal balance sebaiknya memilih speaker 3 way. Speaker ini terdiri dari midrange dan tweeter serta midbass yang terpisah satu sama lain. Midbass dipasang dilubang pintu mobil sedangkan tweeter dan midrange dipasang diatas dashboard menggunakan dudukan dari fiberglass Untuk pemasangan speaker 3 way perlu waktu yang cukup lama karena harus membuat dudukan speaker terlebih dahulu.

Fungsi subwoofer mobil
Subwoofer memiliki peranan yang signifikan untuk optimalkan kualitas audio mobil terutama pada nada rendah. Kehadiran sebuah subwoofer dapat menciptakan efek suara yang lebih hidup dan mudah dirasakan. Bila anda mendengarkan efek suara gemuruh pada filem dolby prologic suara tersebut berasal dari subwoofer. Untuk pengguna yang menyukai suara hentakan nada efek suara bass seperti lagu R& B juga berasal dari subwoofer. ukuran yang paling banyak digunakan adalah 10 - 12 inch namun tidak tertutup kemungkinan ada yang menggunakan ukuran 15 inch.

Subwoofer audio mobil spesifikasi
Kekuatan daya - Perhatikan peringkat daya RMS adalah ukuran satuan daya murni dari sub bukan peak music kontrol. RMS peringkat mengukur kekuatan penanganan atau output terus menerus dan merupakan ukuran yang jauh lebih real dari PMPO. Pastikan Anda cocok penanganan daya sub untuk output daya amp Anda.
Sensitivitas- Sebuah sub yang memiliki rating sensitivitas yang lebih tinggi membutuhkan energi lebih sedikit untuk menghasilkan jumlah yang sama suara sebagai model dengan nilai sensitivitas yang lebih rendah.
Rentang frekuensi - Rentang frekuensi memberi Anda gambaran tentang bagaimana rendah subwoofer bekerja.  Perlu diketahui kinerja sebuah sub dapat bergantung pada banyak variabel yang juga turut menentukan.
Jenis box- Jenis Box sub memiliki pengaruh besar pada jenis suara yang dihasilkannya. Jenis kotak sub sealed menjadikan suara bass lebih dalam dan nada rendah yang paling akurat. sedangkan box sub porting dan bandpass menghasilkan suara bass yang boomy dan terkesan efek bass yang panjang. .
Jumlah kumparan suara - Subwoofer  double voice coil adalah pilihan untuk pengguna audio mobil yang ingin lebih banyak daya untuk sound sistem suara mereka. Sementara subwoofer single voice coil memiliki kumparan suara tunggal untuk pengguna yang ingin suara bass yang sedang saja karena daya kurang besar.
Ukuran woofer - Ukuran sebuah sub juga berperan untuk menciptakan seberapa keras sub dapat bekerja untuk system audio mobil. Anda perlu memperhatikan sensitivitas dan daya power amp yang tersedia. Untuk menjadikan sistem audio mobil yang kuat menghadirkan bass tapi kabin bagasi tidak menjadi masalah pilih ukuran sub yang besar.
Impedansi - Kebanyakan subwoofer yang dinilai pada 4 ohm impedansi dan 8 ohm semakin besar impedansi daya yang dihasilkan sebua sub semakin kecil pilih amplifier yang akan cocok dengan sub Anda dalam hal rating daya dan impedansi.

Secara keseluruhan jelas digambarkan bahwa Perangkat audio mobil sistem menghadirkan musik lebih berkualitas. Karena pabrikan membuat semua komponen system audio tersebut melalui teknologi yang terus dikembangkan.