Mohon tunggu...
AUDILA SAHIRA
AUDILA SAHIRA Mohon Tunggu... Mahasiswa

Anak kesehatan masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Membuang Sampah Sembarangan Berakibat Buruk pada Lingkungan

15 Desember 2019   17:31 Diperbarui: 15 Desember 2019   17:31 106 2 0 Mohon Tunggu...

Dikutip dari laman Merdeka, video yang mendadak jadi perbincangan pada september 2017 yang lalu. Dalam video tersebut seorang pria tertangkap hendak membuang sampah sembarangan ke bawa jembatan, dibawah jembatan tersebut terdapat sungai yang masih mengalir. Pria itu kaget saat ada orang yang menegurnya, dikarenakan ulah bapak tersebut yang sempat diviralkan di sosial media, akhirnya mendapat respon negatif dari para netizen.

Membuang sampah sembarangan bisa menimbulkan banjir dan mencemari lingkungan sekitar. Setidaknya, hal itu sering kali kita rasakan. Setiap sudut jalan, seringkali ditemukan tumpukan sampah. Masyarakat yang membuang sampah sembarangan tidak pernah berpikir dampak kedepannya bagaimana, ini karena masyarakat setempat tidak mau membayar iuran saat pengutipan sampah, sehingga membuang sampah sembarangan seperti menjadi rutinitas tersendiri. Maka perlu adanya tindak tegas dari pemerintah kepada masyarakat untuk membuat lingkungan menjadi lebih baik lagi.

Dimulai dari kesadaran diri sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan, dengan cara menciptakan kebersamaan antar warga untuk melakukan pembersihan lingkungan setiap minggunya, dan pembelajaran terhadap masyarakat tentang lingkungan yang sehat juga penting diadakan. Hal ini akan mengurangi terjadinya banjir, juga sangat berdampak positif untuk diri sendiri maupun orang lain. Sehingga lingkungan tidak membawa dampak penyakit yang bisa mengancam siapa saja.

"(Menurut Basriyanta)" Sampah merupakan barang yang dianggap tidak dapat dipakai lagi dan dibuang oleh pemakai sebelumnya, akan tetapi masih akan mungkin dapat dipakai dan diolah kembali. Jadi solusi yang dapat dilakukan agar sampah bisa berkurang dengan cara mengurangi pemakaian plastik, ataupun sampah-sampah seperti pipet, kertas, kain dan lainnya, bisa dibuat kerajinan tangan.

Serta menggunakan barang yang dapat didaur ulang kembali dan membeli makanan dan minuman dengan bijak, ada juga cara lainnya dengan membuat papan larangan membuang sampah, yang bertuliskan bagi yang membuang sampah dikenakan denda, pasti yang membuang sampah tidak berani lagi karena sudah ada ancaman keras di lingkungan tersebut. Dengan begitu pencemaran lingkungan yang disebabkan sampah dari ulah manusia bisa teratasi dan menjadi berkurang sehingga terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.

VIDEO PILIHAN