Mohon tunggu...
AT MediaCenter
AT MediaCenter Mohon Tunggu... Politisi - Menyediakan pandangan politik dari Muhammad Alif Ananda yang merupakan politisi daerah

Akun Resmi Alif Tardin Media Center

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Menilik Salah Satu UMKM di Pejaten Timur yang Mampu Bergerak Maju di Masa Pandemi

19 September 2021   20:39 Diperbarui: 19 September 2021   20:58 194 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menilik Salah Satu UMKM di Pejaten Timur yang Mampu Bergerak Maju di Masa Pandemi
Muhammad Iqbal (Kiri), Muhammad Alif Ananda (Tengah), Teuku Muhammad Iqbal Anwar (Kanan), sedang berkunjung ke Surjan Street Coffee & Eatery

Sudah satu tahun lebih sejak pandemi COVID-19 melanda di Indonesia. Banyak usaha UMKM yang terdampak oleh pandemi ini, mulai dari sekadar mengalami kerugian hingga gulung tikar yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi menjadi melambat. Berdasarkan informasi dari Kementerian Koperasi dan UKM, bahwa ada sekitar 65 juta UMKM yang tersebar di Indonesia. Jumlah tersebut sangat banyak sehingga membutuhkan kreatifitas dan inovasi untuk menyesuaikan usaha yang dimiliki agar tetap bertahan dan maju di tengah pandemi COVID-19.

Tiga aktivis, yakni Muhammad Iqbal, Muhammad Alif Ananda, dan Teuku Muhammad Iqbal Anwar sempat melakukan kunjungan spesifik ke salah satu UMKM yang kebetulan merupakan warung kopi yang bernama Surjan Street Coffee & Eatery. Warung kopi ini termasuk ke dalam kelompok UMKM yang mampu untuk memberikan kreatifitas dan inovasi sehingga warung kopinya bisa maju walaupun perekonomian sedang dilanda pandemi.

Jika dilihat dari latar belakangnya, Surjan Street Coffee & Eatery dimulai dengan modal gerobak dan tenda yang dipasang di tepi jalan perumahan yang berada di belakang komplek BIN. Dengan semangat dan ketekunan, warung kopi ini sekarang telah memiliki tempat usaha yang lebih baik dan suasana tempatnya yang memberikan rasa kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Terutama bagi para anak muda di sekitaran Pejaten Timur yang ingin nongkrong di suatu tempat, maka Surjan Street Coffee & Eatery merupakan tempat yang paling tepat.

"Dengan adanya UMKM yang mampu bergerak maju di tengah pandemi ini menandakan bahwa potensi untuk membangkitkan perekonomian UMKM semakin besar, apalagi saat ini di Indonesia sedang melaksanakan program vaksinasi secara massal dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus COVID-19 sehingga kegiatan ekonomi dapat kembali seperti semula walaupun dalam keadaan New Normal, yang mana masyarakat tetap harus melaksanakan protokol kesehatan.", jelas Muhammad Alif Ananda.

Muhammad Iqbal dan Teuku Muhammad Iqbal Anwar pun berpendapat bahwa UMKM seperti ini dapat memberikan inspirasi kepada pengusaha UMKM yang lain agar dapat meningkatkan kreatifitas, inovasi, semangat, dan ketekunan, agar UMKM dapat bangkit kembali seperti sebelum pandemi melanda Indonesia. Muhammad Iqbal juga mengajak kepada masyarakat sebagai konsumen untuk berpartisipasi dalam membangkitkan perekonomian UMKM. "Kita mengajak kepada masyarakat sebagai konsumen untuk berpartisipasi dalam upaya membangkitkan UMKM di masa pandemi sehingga UMKM di Indonesia dapat bertahan dan maju, yang tentunya juga akan memberikan dampak yang positif terhadap perekonomian negara.", kata Muhammad Iqbal.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan