Mohon tunggu...
Eva Rosita
Eva Rosita Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Yuk, Belajar Bareng Membuat Konten

18 Juli 2018   23:39 Diperbarui: 18 Juli 2018   23:58 435
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Menurut Cangara, media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak, sedangkan pengertian media massa sendiri alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak dengan menggunakan alat-alat komunikasi seperti surat kabar, film, radio dan televisi (Canggara, 2010:123,126).

Karakteristik media massa menurut (Cangara, 2016:140-141) ialah sebagai berikut:

1.Bersifat melembaga, artinya pihak yang mengelola media terdiri dari banyak orang, yakni mulai dari pengumpulan, pengelolaan sampai pada penyajian informasi.
2.Bersifat satu arah, artinya komunikasi yang dilakukan kurang memungkinkan terjadiny dialog antara pengirim dan penerima. Kalau toh terjadi reaksi atau umpan balik, biasanya memerlukan waktu dan tertunda.
3.Meluas dan serempak, artinya dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak, karena ia memiliki kecepatan. Bergerak secara luas dan simultan, di mana informasi yang disampaikan diterima oleh banyak orang pada saat yang sama.
4.Memakai peralatan taknis atau mekanis, seperti radio, televisi, surat kabar, dan sebagainya.
5.Bersifat terbuka, artinya pesan dapat diterima oleh siapa saja dan di mana saja tanpa mengenal usia, jenis kelamin, dan suku bangsa.

Dengan demikian, media massa adalah alat untuk menyebarkan informasi kepada khayalak yang luas, banyak dan heterogen. Semakin berkembangnya media sosial sekarang ini banyak orang yang menggunakan internet sebagai jejaring sosial untuk bertukar cerita, mengupdate status, mengupload video atau foto, membuat tulisan dan sebagainya melalui platfor-platform yang telah disediakan seperti Facebook, Twitter, Blogger, Wiki, Instagram, Pinterest, Path, Youtube dan yang lainnya.

Menurut Antony Mayfield (2008) yang memberikan gagasannya berupa definisi media sosial dimana menurutnya pengertian media sosial adalah media yang penggunanya mudah berpartisipasi, berbagai dan menciptakan peran, khususnya blog, jejaring sosial, wiki/ensiklopedia online, forum-forum maya, termasuk virtual worlds (dengan avatar/karakter 3D).

Youtube saat ini menjadi sangat populer dikalangan manapun entah yang tua, muda dan anak kecil. Youtube sepertinya sudah menjadi bagian penting  dari hidup kita, Youtube juga bisa menggantikan Televisi. Di dalam youtube kita bisa menonton film, memutar musik, mencari informasi atau berita dan sebagainya. Di balik isi dari platform-platform tersebut kita bisa membuatnya kalau kita ada keniatan dan mau berkreasi.

Content creation atau membuat konten merupakan hal yang gampang-gampang susah. Namun jika kita mempunyai niat, kemauan, mau berkreasi itu membuat kita mudah membuatnya melainkan jika kita malas berfikir, mudah menyerah dan tidak konsisten itu akan membuat kita susah. Selain itu, dengan kita membuat konten di Youtube kita bisa menghasilkan uang dengan alasan jika kita mempunyai banyak subscriber dari orang-orang yang menyukai channel/konten kita dan selalu up to date. Untuk mendapatkan banyak subscriber atau cara agar konten kita bisa menarik banyak orang maka aa banyak cara yang dilakukan.

Content creation atau membuat konten. Content yang berarti konten/isi dalam sebuah media bisa berupa tulisan, gambar digital, video, file audio, iklan dan Creation berarti membuat jadi dapat diartikan Pembuatan Konten. Pembuatan konten biasanya dibuat melalui situs media sosial seperti pada blog, wiki, forum, video, gambar hingga berbagai bentuk konten media yang lainnya.

Ada banyak jenis isi atau konten media yang dibuat oleh para penggunanya, seperti; Internet yang memberikan manfaat pada semua orang, memberi banyak informasi yang kita butuhkan. Kemudian Blog yang dapat menumpahkan dan mengepost tulisan-tulisan kita dan membahas permasalahan-permasalahan yang penting bagi kita.

Selanjutnya jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Blogger, Tumblr, Youtube dimana pengguna bisa berinteraksi dengan orang lain, membuka forum diskusi,  menulis atau menyampaikan pendapat dalam jejaring sosial tersebut.

Menulis konten yang berkualitas dan menarik adalah sebuah pilihan. Anda bisa memilih mengalokasikan waktu yang dibutuhkan untuk bekerja menciptakan konten berkualits dan membangun brand dengan baik. Atau Anda bisa pilih mengambil jalan yang mudah dan menulis konten seadanya, pilihan yang akhirnya merugikan Anda karena hanya akan membuang waktu dan energi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun